telkomsel halo

XL Bentuk Konsorsium Bersama Indosat dan Alita untuk Palapa Ring

07:50:01 | 20 Nov 2015
XL Bentuk Konsorsium Bersama Indosat dan Alita untuk Palapa Ring
Dian Siswarini (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT XL Axiata Tbk (XL) mengaku akan membentuk konsorsium bersama Indosat dan PT Alita Praya Mitra (Alita) untuk mengikuti tender Palapa Ring.

“Kita serius ikut tender Palapa Ring. Ini high profile project, butuh sinergi agar bisa sukses. Kami optimistis bisa menjadi pemenang di tender itu setelah ada konsorsium ini,” ungkap Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini, dalam temu media, kemarin.

Diungkapkannya, XL bersama anggota konsorsium lainnya tengah menunggu Request For Proposal (RFP) dari Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang akan keluar pada 23 November 2015.

“Dari RFP kita bisa lihat model bisnisnya dan paket yang akan dibidik. Menurut saya dengan ada jaminan pasar dari pemerintah, ini skema paling menarik untuk Palapa Ring,” paparnya.

Secara terpisah, terpisah Direktur Pemasaran Alita Teguh Prasetya mengakui ikut dalam konsorsium yang dibentuk oleh XL Axiata.

“XL sebagai lead consortium, Indosat sebagai Co-Lead Consortium, dan Alita sebagai member consortium. Kami porsinya di konsorsium sekitar 35%, sisanya mereka,” jelasnya dalam pesan singkat kepada IndoTelko, Jumat (20/11).

Sebelumnya, Kemenkominfo menyatakan tengah menyiapkan RFP untuk tender serat optik  Palapa Ring. Sejauh ini ada delapan perusahaan telah lolos tahap prakualifikasi proyek pembangunan jaringan tulang punggung serat optik senilai US$230,64 juta itu. (Baca juga: Proyek Palapa Ring)

Tiga dari delapan perusahaan yang lolos tahap prakualifikasi ini merupakan operator telekomunikasi yakni Telkom, XL Axiata, dan Indosat. Tender Palapa Ring akan dibagi dalam tiga paket proyek yakni Paket Barat, Paket Tengah dan Paket Timur.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year