telkomsel halo

Aturan TKDN di Smartphone 4G Bikin Indonesia Kompetitif

16:56:09 | 16 Nov 2015
Aturan TKDN di Smartphone 4G Bikin Indonesia Kompetitif
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) –  Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengklaim keluarnya aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) bagi smartphone 4G membuat Indonesia menjadi kompetitif di sektor manufaktur.

“Dulu banyak vendor menentang kebijakan ini. Setelah bicara dan dikomunikasikan, sekarang yang datang ke saya bukan hanya vendor smartphone, tetapi banyak perangkat lain. Ini artinya apa? Kebijakan ini membuat Indonesia menjadi kompetitif,” papar Menkominfo  Rudiantara, kemarin.

Ditambahkannya, fokus Indonesia untuk jangka panjang di perangkat adalah sisi software serta Research & Development (R&D).

“Kalau perangkat keras itu kan jangka pendek dan langsung terasa penyerapann kerja, tetapi di sisi jangka panjang kalau kita kuat software serta R&D, itu mendatangkan devisa lebih besar. Karena dimana pun produk dibuat, hak kekayaan intelektual ke Indonesia,” jelasnya.

Dikatakannya, dengan fokus kepada software dan R&D menjadikan juga pemain seperti Apple bisa menerima kebijakan TKDN dan berencana membuat fasilitas tersebut di Indonesia.

“Apple itu tak ada kebijakan membuat pabrik, hanya di Taiwan. Mereka akan memenuhi TKDN itu dengan membuat R&D di Indonesia, salah satunya mendorong adanya aplikasi asal Indonesia banyak di ioS,” katanya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year