telkomsel halo

Tembus 2%, Baru Indonesia Dianggap Sukses Lakukan UKM Goes Digital

11:30:53 | 22 Sep 2015
Tembus 2%, Baru Indonesia Dianggap Sukses Lakukan UKM Goes Digital
Junsung Lee (dok)
JAKARTA (IndoTelko)  – Merunut pada data Kementrian Koperasi dan UKM pada 2014 lalu, saat di Indonesia sudah tercatat lebih dari 56 juta pelaku UKM. Namun dari angka ini, baru sekitar 0,05% yang memanfaatkan medium digital. Sehatkah kondisi ini bagi Indonesia?

“Pertanyaan ini mungkin akan bisa terjawab jika Anda juga ikut terjun, dan menambah jumlah 0,05% tadi hingga mencapai angka 2%. Angka ini dipercaya sebagai angka sehat untuk barometer UKM Indonesia yang memanfaatkan dunia online,” jelas CEO elevenia Junsung Lee, di Jakarta, Selasa (22/9).

Diungkapkannya, hingga saat ini, elevenia telah memiliki lebih dari 23 ribu seller, yang hampir 90% adalah UKM. “Namun perlu digaris bawahi, sebagian lokasi mereka adalah di Jabodetabek. Sementara, Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas. Bagi kami, elevenia, sebagai salah satu pemain di industri e-commerce, ini merupakan PR besar yang harus dituntaskan.” jelasnya.

Tak ayal, sebagai sebuah bisnis yang menempatkan posisi di Marketplace, elevenia memiliki dua fokus: pembeli dan penjual. Untuk pembeli, sudah tidak perlu diragukan lagi beragam program promosi yang dibuat oleh elevenia selama ini. Berbagai kemitraan pun juga dihadirkan.

Sedangkan fokus bagi penjual, Lee mengklaim bahwa elevenia merupakan satu-satunya eCommerce yang memiliki fasilitas Seller Zone. Ini merupakan bangunan fisik, yang berisi studio foto, ruang training dan seminar, yang dibangun khusus untuk mereka yang hendak mecoba berjualan di dunia digital. “Semua fasilitas ini kami berikan secara gratis,” ujarnya.

Selain dengan fasilitas fisik, elevenia juga terus mengembangkan berbagai program yang mendukung aktifitas para seller. “Saat ini kami sedang memiliki program special untuk para seller yang akan bergabung di elevenia. Bukan hanya mendapatkan benefit berupa layanan Seller Zone, namun juga berbagai hadiah,” ujar Lee.

Menyambung hal tersebut, mulai dari bulan Oktober – Desember 2015, elevenia menggelar program khusus untuk Seller, yang memberikan beberapa keuntungan, yakni setiap seller yang sudah terdaftar akan langsung secara otomatis mendapatkan IDR 1 juta seller point. Setiap seller yang terdaftar dengan  transaksi tertinggi selama periode Oktober – Desember 2015, akan memenangkan sepeda motor.

“Bagi kami, elevenia bukan hanya tentang berbelanja. Kami juga ingin memberikan value lebih kepada seller yang bergabung bersama kami. Membesarkan UKM di Indonesia merupakan salah satu tujuan kami hadir di sini,” pungkansya.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year