telkomsel halo

Smartfren Tingkatkan Kapasitas Jaringan selama Ramadan

13:54:56 | 22 Jun 2015
Smartfren Tingkatkan Kapasitas Jaringan selama Ramadan
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) meningkatkan kapasitas jaringan hingga 40% menghadapi lonjakan trafik selama bulan Ramadan dan lebaran mendatang.  

“Kendali jaringan ada di Network Operation Center (NOC) di Jakarta dan Surabaya. Kita juga akan aktifkan tujuh kantor regional selama 24 jam i Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Malang untuk mendukung operasional,” ungkap Vice President Network Smartfren Telecom, Munir Syahda Prabowo, kemarin.

Diprediksinya, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Pulau Sumatera sebesar 8%,  Pulau Jawa dan Bali sekitar 10% hingga 14%.

Smartfren sejauh ini engoperasikan sekitar 6.000 BTS di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi untuk melayani 12 juta pelanggan.  

Smartfren masih mengandalkan teknologi Code Division Multiple Access (CDMA) dalam melayani momen Ramadan dan Lebaran tahun ini. CDMA bakal dipakai untuk layanan telepon (voice), pesan teks (SMS), dan data (Internet).

Tak lama lagi emiten dengan kode FREN ini akan menerapkan teknologi 4G LTE memanfaatkan standar pengantaran data Time Division Duplex (TDD) di spektrum 2.300 MHz dan Frequency Division Duplex (FDD) di spektrum 850 MHz.

Perseroan akan mengadopsi teknologi VoLTE (Voice over Long Term Evolution) dan VoWiFi (Voice over Wi-Fi) untuk memberikan pengalaman panggilan suara definisi tinggi atau HD Voice pada  kuartal keempat 2015.

Khusus untuk VoWiFi, teknologi ini dapat memanfaatkan sinyal WiFi ketika pelanggan sedang menerima telepon agar kualitas suara lebih jernih dan meminimalkan gangguan.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year