telkomsel halo

Telkom Realisasikan Pembangunan Data Center Telin-3 di Singapura

13:42:05 | 05 Jun 2015
Telkom Realisasikan Pembangunan Data Center Telin-3 di Singapura
Ground Breaking Data Center Telin-3 (dok)
SINGAPURA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui anak usaha, Telin Singapura, akhirnya melakukan ground breaking pembangunan data center dengan kapasitas 20 ribu meter persegi yang menelan investasi sekitar US$ 115 juta di Singapura pada, 5 Juni 2015.

“Kami berikan nama dagang untuk fasilitas ini Telin-3. Soalnya, Telin Singapura sudah punya dua data center di Singapura yakni di Changi dan Tai Seng. Aksi korporasi ini bagian dari perjalanan Telkom menuju pemain bergengsi di kawasan regional dan global," ungkap Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga kala menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Telin-3 di Singapura, Jumat (5/6).

Ditambahkannya, kehadiran dari Data Center Telin-3 yang juga menjadi hub telekomunikasi bagi perseroan akan memperkuat ekspansi operator pelat merah ini ke ranah internasional.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno dalam sambutannya mengatakan aksi yang dilakukan Telkom menandakan layak menjadi BUMN terbesar di Indonesia. "Telkom salah satu yang kita dorong untuk menjadi salah satu central pertumbuhan di percaturan global," katanya.

CEO Telin Singapura Septka Noegraheni Widyasrini menambahkan selama ini perseroan sudah memiliki dua data center yang berada di Changi dan Tai Seng di negeri Singa itu. "Kita punya total  kapasitas untuk dua data center eksisting sekitar 10 ribu meter dengan okupansi mencapai 80%. Paling besar di Changi kapasitasnya sekitar 8 ribu meter persegi," katanya.

Diharapkannya, pembangunan data center Telin-3 akan selesai pada kuartal ketiga 2016 dengan kapasitas 20 ribu meter persegi. "Nanti gedung yang berdiri lima lantai. Areanya seluas 8.000 meter persegi dengan nilai investasi US$ 115 juta. Pasokan dana terbesar dari Telkom, selain kita ada juga kas serta ekuitas," katanya.

Dijelaskannya, Data center Telin-3 akan terhubung langsung ke Indonesia melalui sistem kabel bawah laut milik Telkom. Data center juga akan dirancang dengan teknologi terbarukan dan hemat energi untuk mendukung 2014 Singapore Green Data Centre Technology Roadmap. (Baca juga: Data Center Telkom di Singapura)

Desain yang diusung untuk data center Telin diklaim mampu memberikan efisiensi biaya pengembangan dan pemeliharaan. Desain inovatif ini diharapkan akan lolos ketika disertifikasi untuk memenuhi standar minimum data center Tier-III dan Tier-IV oleh Uptime Institute.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year