telkomsel halo

Rudiantara: Sebentar Lagi ada Operator yang Tumbang

09:25:12 | 05 Jun 2015
Rudiantara: Sebentar Lagi ada Operator yang Tumbang
Rudiantara (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memiliki prediksi terkait nasib operator-operator seluler di Indonesia dalam beberapa tahun mendatang.

"Nanti lihat saja, ada operator yang tumbang. Hanya masalah waktu saja. Coba analisis sendiri dengan kriteria yang saya buat," kata Pria yang akrab disapa Chief RA itu, kemarin.

Menurutnya, pemicu bendera putih berkibar dari salah satu pemain bisa saja terjadi karena industri telekomunikasi memiliki tiga kriteria penting yakni padat modal, padat teknologi, dan regulasi.

Di sisi permodalan, operator harus membelanjakan US$ 5 miliar per tahunnya. Bila tidak memiliki dana yang memadai maka akan sulit untuk beroperasi. Sementara di sisi teknologi operator harus cepat beradaptasi dengan perkembangan.

Terakhir, ada regulasi yang harus dipenuhi oleh operator. "Lihat tiga kriteria itu, Anda cek mana operator yang bisa memenuhi tiga hal itu, terutama capital-nya," katanya.

Disarankannya, daripada harus tumbang, sebaiknya operator memilih untuk konsolidasi. "Ini yang menjadi alasan saya mengapa selalu mendorong adanya konsolidasi," katanya.

Ditambahkannya, regulator pun tengah terus mematangkan perhitungan interkoneksi baru agar lebih transparan dan membuat kompetisi lebih sehat. “Biaya interkoneksi baru nanti bisa membuat persaingan menjadi lebih bagus diantara sesame pemain,” pungkasnya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year