telkomsel halo

Finnet Dukung e-Kiosk dari KAI

13:39:08 | 14 Mar 2015
Finnet Dukung e-Kiosk dari KAI
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Finnet Indonesia mendukung fasilitas layanan pembelian tiket berupa mesin pembelian tiket (vending machine) berikut kios elektronik (electronic kiosk/E-Kiosk) dari PT Kereta Api Indonesia (KAI).

“Kami mendukung langkah KAI memberikan layanan berkualitas bagi penumpangnya. Solusi keuangan digital milik Finnet dimanfaatkan di e-kiosk itu,” ungkap CEO Finnet Indonesia Niam Dzikri, kemarin.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengungkapkan, untuk tahap awal, E-Kiosk tersedia di Stasiun Pasar Senen , Jakarta, sebanyak dua unit. “Ke depannya kami akan menyediakan fasilitas E-Kiosk ini di seluruh stasiun besar di Jawa dan Sumatera," katanya.

Dijelaskannya, fasilitas ini merupakan inovasi KAI untuk memudahkan pengguna jasa kereta api. Melalui E-Kiosk, input data calon penumpang seperti tujuan keberangkatan, tanggal keberangkatan, identitas penumpang dapat dilakukan melalui layar sentuh atau keyboard fisik yang ada di mesin E-Kiosk.

Calon penumpang pun bisa memilih kereta dan posisi tempat duduk saat melakukan pembelian tiket. Pemesanan/pembelian tiket KA lewat fasilitas ini bisa dilakukan H-90 hingga satu jam sebelum keberangkatan pada hari keberangkatan (go show).
Metode pembayaran yang bisa diterima antara lain, pembayaran tunai menggunakan uang pecahan Rp 2 ribu sampai Rp 100 ribu, dengan kartu debit jaringan Alto, dan pembayaran dengan kartu T-Money dari Telkom.

Bagi para penumpang yang melakukan pembayaran tunai tanpa yang membutuhkan uang kembali, metode pengembalian dilakukan melalui e-money pada nomor telepon yang diinput saat pembelian.

Dalam sistem ini, setiap penumpang yang melakukan pembayaran tunai dengan pengembalian akan otomatis terdaftar dalam program e-money dari Finnet Indonesia.

Penumpang yang terdaftar akan secara otomatis memiliki akun pada www.delimapoint.com, yaitu salah satu layanan One Stop Payment Online milik Finnet Indonesia dengan nomor ponsel sebagai username. Di akun ini, nantinya uang kembalian dari pembelian tiket lewat E-Kiosk akan tersimpan.

Dana yang tersimpan pada akun delimapoint.com ini dapat ditransfer ke rekening bank untuk diuangkan atau dapat digunakan untuk membayar telepon rumah, listrik, TV kabel berlangganan, pulsa HP atau tiket KA melalui situs delimapoint.com.

Setelah proses pemesanan dan pembayaran selesai, mesin E-Kiosk, akan mengeluarkan struk bukti pembayaran. Struk ini akan mencantumkan kode pemesanan/pembelian tiket KA yang akan digunakan untuk mencetak tiket.

Selanjutnya, calon penumpang bisa mencetak tiket di fasilitas Cetak Tiket Mandiri (CTM) yang tersedia di stasiun.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year