telkomsel halo

Satelit PSN VI Dibangun SSL

11:13:39 | 28 Nov 2014
Satelit PSN VI Dibangun SSL
Ilustrasi (dok)
PALO ALTO (IndoTelko)  - PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) mempercayakan pembangunan satelit PSN VI ke perusahaan asal Amerika Serikat, Space Systems / Loral (SSL).

Dalam situs resmi PSN dinyatakan kontrak yang dilaporkan pada tanggal 29 Oktober 2014 adalah kontrak sebagai penyedia satelit komunikasi untuk perseroan.

Satelit komersial PSN VI akan menyediakan layanan komunikasi di seluruh wilayah Asia Tenggara termasuk High Throughput Satellite (HTS) payload untuk layanan internet pita lebar di Indonesia.

PSN VI akan membawa transponder C-band dan Ku-Band yang digunakan untuk melayani komunikasi suara dan data, distribusi video serta layanan internet pita lebar di seluruh wilayah kepulauan Indonesia.

“PSN terbukti telah berhasil dalam mengembangkan teknologi satelit untuk memberikan solusi komunikasi yang inovatif yang membantu meningkatkan kualitas kehidupan dan mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah  yang tidak terjangkau,” kata Presiden SSL John Celli.

Menurut rencana, satelit PSN VI akan diluncurkan pada awal tahun 2017 dan akan  ditempatkan pada slot orbit 146⁰ Bujur Timur dan berbasis platform SSL 1300 yang  dirancang untuk dapat memberikan layanan selama 15 tahun.

“Kami senang dapat bekerjasama dengan SSL untuk pembuatan satelit terbaru kami, PSN VI. Kami percaya bahwa  kolaborasi ini akan  menjadikan PSN  dapat melayani pasar sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan sebelumnya,” kata  Presiden Direktur Pasifik Satelit Nusantara, Adi Rahman Adiwoso.

Sebelumnya, PSN memperkirakan investasi untuk satelit terbaru ini sekitar US$ 200 juta. PSN diperkirakan dalam sembilan bulan terakhir 2014 memiliki pendapatan Rp 271 miliar dengan kerugian Rp 14 miliar.

Telkom memiliki saham sekitar 14,6% di perusahaan ini. Dalam laporan keuangan kuartal ketiga 2014 yang dimiliki Telkom terungkap PSN memiliki pendapatan Rp 462 miliar dengan kerugian Rp 55 miliar sepanjang 2013.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year