telkomsel halo

Akhirnya, Rudiantara Duduki Posisi Menkominfo

08:32:41 | 27 Okt 2014
Akhirnya, Rudiantara Duduki Posisi Menkominfo
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Garis tangan dan perjalanan hidup seseorang tak ada yang tahu. Terutama masalah rezeki dan keberuntungan. Sempat menghilang namanya pada Minggu (26/10) pagi sebagai calon kuat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di Kabinet Kerja 2014-2019, di putaran terakhir Rudiantara muncul di Istana dan diumumkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menkominfo.

Rudiantara menyisihkan nama-nama lain yang sempat disebut-sebut bakal menjadi Menkominfo, seperti Niken Widiastuti (Dirut RRI), Richardus Eko Indrajit (Ketua APTIKOM), Gatot S. Dewa Broto (Deputi Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Mantan Humas Kemenkomifo) ataupun Onno W. Purbo (Akademisi dan Praktisi TI).

Bahkan, di Minggu (26/10) pagi, Rudiantara tenggelam oleh mencuatnya nama Maruarar Sirait, politisi dari PDI Perjuangan. Kabar beredar, telatnya pengumuman kabinet pada Minggu sore menunggu kepastian nama untuk posisi Menkominfo ini.

Tingkatkan Industri
Ketua Umum Asosiasi penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) Alexander Rusli menyakini terpilihnya Rudiantara bisa meningkatkan daya saing industri telekomunikasi nasional.

“RA (panggilan akrab Rudiantara) sudah tahu industri ini dan apa yang akan dilakukan. Beliau tak perlu belajar lagi. Saya yakin industri bisa lebih kompetitif di masa beliau,” katanya kepada IndoTelko, kemarin.

Sekadar diketahui, Rudiantara sudah malang-melintang di industri telekomunikasi sejak 1986 setelah menyelesaikan studi di Universitas Padjajaran, Bandung. Karirnya dimulai  di  Indosat lalu menduduki posisi penting lain di Telkomsel dan XL Axiata hingga 2006.

Rudiantara sempat keluar dari industri telkomunikasi dengan menjabat sebagai wakil direktur utama Semen Gresik dan wakil direktur utama Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Pria kelahiran 3 Mei 1959 ini lalu kembali ke industri telekomunikasi sebagai komisaris di Telkom. Kini, Rudiantara duduk sebagai komisaris di Indosat dan merangkap jabatan pula di beberapa perusahaan lain.

Ketua Umum Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), Semmy Pangerapan, mengharapkan RA bisa mewujudkan perluasan akses internet lebih mudah dan cepat.

Sayangnya, RA kala dihubungi melalui Instant Messaging atau pesan singkat belum merespons pertanyaan dari IndoTelko. Serah terima jabatan Menkominfo sendiri kabarnya akan dilakukan di Kemenkominfo pada Senin (27/10).(id)   

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year