telkomsel halo

Garuda akan Perluas Kerjasama dengan Traveloka

09:43:20 | 13 Okt 2014
Garuda akan Perluas Kerjasama dengan Traveloka
Erik Meijer (kiri/dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) akan memperluas kerjasamanya dengan Online  Travel Agency (OTA), Traveloka, guna memperkuat penjualan tiket melalui jalur e-commerce di masa depan.

“Rencananya setelah membuka Application Programming Interface (API) dengan Tiket.com, ada satu OTA lagi yang akan mendapat perlakuan sama yakni Traveloka. Kita sebelumnya sudah kerjasama juga dengan portal ini,” ungkap Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia Erik Meijer kepada IndoTelko, kemarin.

Diungkapkannya, Garuda akan terus memperkuat penjualan secara digital tanpa melupakan agen perjalanan.

“Selanjutnya kita juga berikan perhatian kepada agen perjalanan yang banyak melakukan penjualan secara online. Ada beberapa agen perjalanan yang kita akan buka API untuk produk e-commerce-nya. Kalau OTA, sejauh ini baru dua itu yang dibuka API-nya,” paparnya.

Sekadar diketahui, API adalah sekumpulan perintah, fungsi, serta protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem operasi.

Hal ini berarti jika Garuda Indonesia membuka API untuk mitranya,  koneksi bisa dilakukan secara langsung dimana pemesanan tiket secara real time. Garuda sudah mengumumkan pembukaan API untuk Tiket.com pasca setahun bekerjasama dengan portal itu.

Sejauh ini penjualan Garuda melalui digital sebesar 40%, tetapi dari angka itu penjualan melalui e-commerce baru di bawah 20%. “Memang masih rendah melalui e-commerce, soalnya kita harus menjaga agen perjalanan. Tetapi ada masanya kita lakukan flash sale dengan e-commerce untuk mengisi kursi,” kata Erik.

Secara terpisah, Managing Director Traveloka Ferry Unardi kala dikonfirmasi menyatakan  pembukaan API non eksklusif, tetapi dibuka dengan syarat dan ketentuan. "Untuk rencana, timeline, dan roadmap, baiknya ditanya ke pihak Garuda detilnya,” katanya.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year