telkomsel halo

MPOS Telkomsel-BNI Pikat Equity Life

08:41:21 | 27 Jun 2014
MPOS Telkomsel-BNI Pikat Equity Life
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Telkomsel dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) akhirnya menggelar layanan berbasis mobile point of sales (m-POS) dengan menjadikan PT Equity Life Indonesia (Equity Life) sebagai perusahaan asuransi pertama yang menggunakan layanan itu  untuk pembayaran premi.

BNI m-POS merupakan perangkat Electronic Data Capture (EDC) berbasis 3G/wifi yang dapat digunakan oleh berbagai kalangan dengan mengandalkan smartphone. Melalui platform tersebut, merchant cukup menggunakan smartphone yang memiliki aplikasi BNI m-POS, ditambah dengan perangkat dongle atau alat baca kartu pembayaran yang dihubungkan ke smartphone.

Penggunaan platform pembayaran terbaru ini menjadikan BNI sebagai bank pertama di Indonesia yang mengaplikasikan m-POS. Indonesia menjadi negara ketiga di antara negara-negara anggota ASEAN yang menerapkan sistem pembayaran tersebut setelah Thailand dan Filipina.

Berkat dukungan MasterCard Indonesia, BNI m-POS dapat diluncurkan untuk pertama kalinya pada tanggal 5 Juli 2013, bertepatan dengan ulang tahun BNI ke-67 tahun lalu.

General Manager Product Management Division Consumer and Retail Banking BNI Dodit Wiweko Probojakti mengungkapkan, Equity Life Indonesia menjadi pengguna pertama dari produk yang dikembangkan BNI dan Telkomsel itu.

"Kami telah menjalin kerja sama dengan 10 perusahaan asuransi lainnya untuk penggunaan m-POS dan tinggal direalisasikan dengan pemberian dongle," ungkapnya, kemarin.

Direktur Equity Life Indonesia Christinawati Hadiman menjelaskan, pihaknya memiliki sejumlah agen yang bisa difasilitasi dengan m-POS untuk memudahkan transaksi pembayaran premi para nasabah.

"Salah satu keunggulan yang dimiliki BNI m-POS adalah bentuknya yang kecil, ringan dan mudah digunakan (user friendly). Ini sangat cocok dengan industri asuransi, terutama bagi para agen dan petugas kami dalam memberi layanan terbaik bagi nasabah di seluruh Indonesia," katanya.

Vice President Payment and Banking Telkomsel Raden Andi Kartiko Utomo mengatakan, kehadiran produk BNI m-POS menjadi hal positif bagi konsumen di Indonesia, khususnya bagi mereka yang melakukan transaksi melalui ponsel.

"Dengan adanya m-POS, para pelanggan Telkomsel yang memiliki alat pembayaran menggunakan kartu akan lebih efisien, karena mereka dapat menggunakan kapan saja dan di mana saja," ujar dia.

Country Manager MasterCard Indonesia Irni Palar menambahkan, seiring dengan meningkatnya penggunaan perangkat mobile di Indonesia, MasterCard telah memperkenalkan platform baru dan inovatif untuk memudahkan konsumen saat melakukan pembayaran elektronik.  

"Kami sangat yakin bahwa kerja sama ini akan memberikan manfaat yang besar kepada masing-masing pihak, terutama nasabah BNI dan Equity Life Indonesia serta pelanggan Telkomsel di Indonesia," ujar Irni.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year