telkomsel halo

Zee Entertainment Ekspansi ke Indonesia

13:16:48 | 13 Jan 2014
Zee Entertainment Ekspansi ke Indonesia
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Zee Entertainment Enterprises Ltd mulai melakukan ekspansi konten besutannya ke penyelenggara TV berbayar di Indonesia.

Anak usaha dari  Essel Group yang berbasis di India ini untuk tahap awal  akan menawarkan dua channel ke TV berlangganan yang ada di Indonesia, yakni Zee Varia yang berisi mengenai informasi wellness (kesehatan dan ragamnya) serta Zee Bioskop yang berisi film Bolywood selama 24 jam.  

Menurut Country Manager Zee Entertainment untuk Jakarta Representative Office Maria Liza Y Ginting, Indonesia  pasar potensial bagi pengembangan bisnis TV berbayar dilihat dari tingkat populasi dan penterasi yang ada saat ini.

“Dari sisi konten yang ditawarkan, ada kesamaan budaya antara India dan Indonesia.   Misal dari sisi musik dan adat timur,” katanya.

Secara terpisah, Chief Sales Officer Aora TV Rara Wilis mengungkapkan, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Zee Entertainment  melalui konten  Zee Bioskop  yang diberi merek dagang Bollywood Banget. “Respons pelanggan cukup bagus untuk konten ini,” katanya.

Zee Entertainment sendiri telah masuk pasar Asia Tenggara sejak lima tahun lalu dengan melepas konten  Zee Variasi di Malaysia. Konten ini juga mirip dengan Zee Bioskop.

Sebelumnya, Media Partners Asia memprediksi Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna TV berbayar  terbesar di Asia Pasifik pada periode 2011-2016, dengan rata-rata pertumbuhan per tahun (CAGR) 26,7%. CAGR Indonesia lebih tinggi dibandingkan CAGR  Thailand yang sebesar 13,6%, Filipina 8,8%, Malaysia 4,6%, dan Singapura 4,6%.

Para pemain baru kabarnya akan bermunculan di bisnis TV berbayar Indonesia seperti PT Mora Quatro Multimedia (MQM) dengan Cepat Net atau PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) yang kabarnya menyiapkan US$ 16 juta untuk menggelar layanan tersebut pada Agustus 2014.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year