telkomsel halo

Genjot Omzet SMS, XL Gandeng Line

11:04:42 | 06 Nov 2013
Genjot Omzet SMS, XL Gandeng Line
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT XL Axiata Tbk (XL) berusaha keras agar jasa SMS yang dimilikinya tetap tumbuh hingga akhir tahun ini.

Hingga September 2013, jasa SMS di XL hanya menghasilkan pendapatan Rp 3,4 triliun atau turun 4% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp 3,5 triliun.

Namun, jika dilihat dari kuartal kedua ke kuartal ketiga 2013, ternyata omzet SMS dari XL masih mengalami pertumbuhan sekitar 6%. Selidik punya selidik, ternyata salah satu pendorong tumbuhnya jasa SMS karena adanya program bagi-bagi stiker yang digelar pada Ramadan lalu.

Stiker SMS  adalah fitur yang memungkinkan pelanggan mengirimkan pesan lebih hidup berkat emoticon yang banyak digunakan di Instant Messaging. Saat ini ada 12 karakter dengan 1.000 stiker SMS yang tersedia. Sekitar 7 juta pelanggan XL saat ini telah menggunakan layanan ini.

Melanjutkan sukses tersebut, XL menggandeng Instant Messenger Line untuk berjualan stiker mulai tanggal 1 November 2013.

“Stiker LINE di SMS ini benar-benar merupakan inovasi XL, yang mengaplikasikan teknologi baru pada layanan SMS, yang sudah sangat dikenal pelanggan dan masyarakat luas. Dengan begitu, kini semua pelanggan XL, termasuk yang belum menggunakan smartphone, bisa merasakan asiknya menggunakan stiker pada SMS,” kata GM Digital Entertainment XL Revie Sylviana, dalam rilisnya.

Dijelaskannya, untuk mulai menggunakan stiker Line ini, pelanggan cukup mengaktifkan layanan Stiker SMS dengan cara mengetik “ON” kirim ke 2767 untuk Pay Per Use, atau akses *123*577# untuk memilih paket berlangganan. Setelah itu, pelanggan tinggal menambahkan “X” di setiap isi SMS yang akan dikirim, misal: “X Selamat beraktifitas dan tetap semangat”.

Pelanggan dapat menikmati layanan Stiker SMS dengan berlangganan layanan Stiker SMS, yang tersedia masing-masing dalam paket Rp 5.500/30 hari, Rp 3.300/15 hari, Rp 1.100/5 hari, Rp 550/2 hari, dan Rp 330/hari. Atau jika tanpa berlangganan, setiap pemakaian stiker akan dikenai tarif Rp 100/pakai. Biaya berlangganan tersebut di luar biaya normal SMS.

Selain karakter Line, tersedia juga karakter-karakter menarik lainnya yang bisa digunakan oleh pelanggan untuk mengekspresikan SMS mereka. Untuk memilih, pelanggan cukup akses dengan mudah ke *123*577#, dan pilih menu “Pilih Stiker”

LINE merupakan salah satu layanan social chatting yang kini sangat populer di dunia, termasuk Indonesia. Berkat karakter-karakter stiker menarik yang terdapat di dalamnya, kini pelanggan pengguna LINE telah mencapai sekitar 280 juta di seluruh dunia.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year