Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Foxconn Diminta Umumkan Rencana Kerjasama

10:20:15 | 26 Jul 2013
Foxconn Diminta Umumkan Rencana Kerjasama
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Kementerian Perindustrian (Kemenperin)  mendorong Foxconn Technology Co Ltd dan  PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA)  untuk mengeluarkan pengumuman terkait rencana kerjasama keduanya di Indonesia.

“Saya mendorong adanya pernyataan bersama antara Foxconn dan Erajaya tentang rencana kerjasamanya ke depan. Ini akan memberikan sinyal positif bagi keduanya dan juga jaminan investasi ke depan,” kata Menteri Perindustrian M.S Hidayat, kemarin.

Menurutnya, jika ada pernyataan bersama, pemerintah bisa menyiapkan insentif bagi perusahaan patungan yang dibentuk atau model kerjasama yang diadopsi.

“Kita bisa berikan kelonggaran komposisi kepemilkan asingnya dan tax allowance, atau lainnya,” katanya.

Diperkirakannya,  untuk produksi akan didominasi oleh Foxconn, sedangkan untuk distribusi mayoritas akan dilakukan oleh perusahaan lokal yang digandeng. Adapun insentif yang diminta, diperkirakan Foxconn akan mendapatkan tax allowance.

Sebelumnya, Faxconn akan berinvestasi dalam beberapa fase pembangunan.  Nilai investasi Foxconn di Indonesia diperkirakan mencapai US$ 10 miliar atau sekitar Rp 94,8 triliun.

Direktur Utama Erajaya Budiarto Halim mengakui telah menandatangani Memorandum Of Understanding (MOU) dengan Foxconn Technology Group dalam rangka mendukung langkah mitra Apple itu membuka pabrik di Indonesia.

“Kita memang sudah MOU dengan Foxconn dalam rangka membantu mereka  mencari peluang usaha di Indonesia. Ada tim khusus yang dibentuk untuk  menggarap peluang usaha ini. Semua masih dalam kajian tim tersebut, seperti masalah time schedule, modal, dan waktu operasi,” katanya kala Paparan Publik belum lama ini.

Rencana Foxconn menggelar investasi di Indonesia awalnya pada Desember 2012, namun terus molor tanpa alasan yang jelas karena mitra Apple ini tak pernah mengeluarkan pernyataan.(ss)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year