telkomsel halo

Sambut Hari Kemerdekaan, Telkom Ekspansi ke Tiga Negara

9:46:46 | 04 Jul 2013
Sambut Hari Kemerdekaan, Telkom Ekspansi ke Tiga Negara
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko)  -  PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) ingin memberikan kado istimewa bagi Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus nanti.
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini rencananya  meresmikan ekspansinya ke tiga negara Asia pada hari kemerdekaan.

"Dalam rangka Hari Kemerdekaan RI, Telkom akan di hadir di 3 negara  yakni Malaysia, Taiwan, dan Macau," ungkap Direktur Utama Telkom Arief Yahya, dalam rilisnya, kemarin.

Dijelaskannya, perseroan telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mempermulus rencana ekspansi dengan  mengadakan Global Talent Program dan International Certification agar Sumber Daya Manusia (SDM) mampu bermain di pasar internasional.

Pada Semester I 2013 ini Telkom telah mengirimkan para Global Talent-nya ke berbagai negara untuk mendukung Program International Expansion di 10 negara, yaitu: Singapura, Hongkong, Timor Leste, Australia, Macau, Taiwan, Malaysia, Arab Saudi, Korea dan Myanmar.

Saat ini Telkom telah memiliki anak usaha di berbagai negara yaitu Telin Singapura, Telin Hongkong, Telkom Australia dan Telkomcel Timor Leste.

“Para Global Talent ini yang akan mengelola bisnis Telkom di mancanegara tersebut. Orang-orang ini disiapkan oleh Telkom Corporate University (CorpU),” terangnya.

Sekadar catatan,  Telkom sebenarnya telah hadir di Malaysia dengan memiliki sebagian saham Scicom Berhad yang bermain di Business Process Outsourcing.
 
Rencananya di Malaysia, Telkom akan memperlebarnya ke layanan suara, SMS, dan data dengan mengadopsi bisnis Mobile Virtual Network Operator (MVNO) guna melayani warga negara Indonesia. Hingga sekarang tak diketahui mitra lokal  di Malaysia yang digandeng Telkom.

Sebelumnya, CEO Telin Hong Kong Dian Rachmawan mengungkapkan perseroan telah membuat dua anak usaha dengan investasi sekitar US$ 3,5 juta  untuk menggelar MVNO di Taiwan dan Macau.

Telkom Taiwan tengah bernegosiasi dengan operator GSM di Taiwan yakni  Fareastone dan Taiwan Mobile. Sedangkan Telkom  Macau tengah mendekati  Companhia de Telecomicacoes de Macau (CTM).

Telkom dalam strategi ekspansinya mengandalkan anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin). Tahun ini negara yang dibidik adalah Timor Leste, Malaysia, Australia, Hong Kong, Singapura, Macau, Taiwan, Korea Selatan, Arab Saudi, dan Myanmar.

Telkom gagal di Myanmar mendapatkan lisensi seluler dan berencana menggarap bisnis Teknologi Informasi. Di Arab Saudi juga batal ikut tender MVNO dan beralih mengadopsi strategi co branding.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year