telkomsel halo

Z10 Lebih Laris Ketimbang iPhone5?

11:42:19 | 12 Mar 2013
Z10 Lebih Laris Ketimbang iPhone5?
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – BlackBerry Indonesia sepertinya bisa menarik napas lega sesaat terkait performa produk barunya, BlackBerry Z10, yang diluncurkan ke pasar Indonesia awal Maret lalu.

Dari aksi pre order  yang dilakukan tiga mitranya, ternyata peminat dari produk terbaru ini lumayan tinggi dibandingkan dengan kompetitor terdekat, iPhone5. Ketiga mitra BlackBerry itu adalah Telkomsel, Indosat, dan XL.

Demikian rangkuman pendapat dari  Director & Chief Commercial Officer Indosat Erik Meijer, Direktur/Chief Commercial Officer XL Axiata Joy Wahjudi, dan Division Head Device Bundling and Customization Telkomsel Arief Pradetya ketika dihubungi secara terpisah, kemarin.

“Saat ini sudah ada sekitar seribuan pelanggan yang terdaftar untuk pre order BlackBerry Z10 di Indosat,” ungkap Erik.

Menurut Pria yang akrab disapa EM ini, adanya sekitar seribu pelanggan yang mendaftar untuk pre order sesuatu yang luar biasa mengingat Z10 adalah produk premium. “Ini produk masih baru dan kami tidak main above the line. Baru sebatas Below The Line, animo sudah tinggi,” katanya.

Diperkirakannya, kala Z10 nantinya dijual secara resmi, maka animo akan lebih tinggi. Pasalnya, pre order sangat terbatas segmennya.

“Dulu kala iPhone 5 dilepas dengan konsep pre order itu yang daftar hanya dibatasi 400 orang karena stok terbatas. Di hari H waktu launching terjual langsung 1.300 unit. Z10 saya optimistis lebih besar jumlahnya karena pre order saja sudah tinggi,” katanya.

Sementara Arief  mengungkapkan, hingga posisi Senin (11/3) malam, jumlah penjualan pre order untuk Z10 sebanyak  1.800-an pelanggan. “Sebenarnya pre order ada sekitar 3 ribuan, tetapi ada yang belum bayar uang muka, jadi kita anggap belu penjualan,” katanya.

Arief membandingkan dengan pre order iPhone5 pada tahun lalu dimana hanya ada 1.300 pelanggan yang mendaftar. “Pre order Z10 ini oke banget, belum lagi penjualan sampingan seperti VVIP yang minta ada pelayanan delivery,” katanya.

Sedangkan Joy  mengungkapkan, ada sekitar seribuan pelanggan yang mendaftar untuk memesan Z10 ke XL.  “Kami sudah tutup pendaftarannya karena takut kurang barang,” keluhnya.

Joy mengaku  saran penutupan pre order itu datangnya dari BlackBerry Indonesia. Padahal,  awalnya informasi yang didapat sudah ada 40 ribu unit BlackBerry Z10 tersedia melalui tiga distributor yakni PT Teletama Artha Mandiri (TAM), PT Comtech Selular, dan PT Surya Citra Multimedia (SCM).

Alhasil XL telah mematok penyediaan barang hingga 15 ribu unit, dimana untuk tahap awal tersedia lima ribu unit. Angka lima ribu unit untuk tahap pertama ini juga dimiliki Telkomsel dan Indosat.

Telkomsel akan memulai pesta peluncuran dari BlackBerry Z10 pada Rabu (13/3). Sedangkan penjualan resmi pada 15 Maret 2013.  XL menyerahkan Z10 ke pelanggan pada 16-17 Maret 2013.

“Makanya ini bikin bingung kita yang mau jualan, karena disuruh hold, barang terbatas. Saya rasa informasi 40 ribu unit itu belum semuanya juga masuk ke Indonesia,” keluhnya.

Marketing Director BlackBerry Indonesia Eka Anwar menegaskan,   pasokan Z10 ke Indonesia akan terus ditambah.   "Kata siapa cuma 40 ribu unit? Masih banyak lagi yang akan kami kirim  ke sini," tegasnya.(id)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year