telkomsel halo

Pertumbuhan Startup Lokal Melambat

20:23:42 | 05 Jan 2013
Pertumbuhan Startup Lokal Melambat
Ilustrasi (Dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (indotelko) – Pertumbuhan startup lokal di Indonesia pada tahun ini diperkirakan akan melambat akibat iklim investasi venture capital yang menurun.

“Pertumbuhan startup lokal sudah melambat sejak 2012 karena pelaku usaha mulai sadar bahwa mendirikan bisnis itu tidak bisa hanya mengandalkan desain atau aspek website. Dibutuhkan model bisnis dan pemasaran yang baik,” ungkap Co-Founder #startuplokal yang juga salah satu pendiri Indonesian Startup Foundation Natali Adrianto.

Diungkapkannya, booming startup di Indonesia terjadi pada 2011 dimana dalam enam bulan ada 52 startup. Pada 2012, hanya 12 startup dari yang muncul itu mampu bertahan. Pada 2011, jumlah startup di Indonesia mencapai sekitar 800 dan pada 2012 menjadi 300 startup.

“Indonesia ini juga lemah kolaborasi sedangkan jumlah startup menengah yang bisa disuntik  dana oleh modal ventura juga terbatas. Untuk pasar yang digarap sebenarnya lumayan menjanjikan seperti e-commerce, bisnis perjalanan, dan aplikasi permainan,” katanya.

Sebelumnya, International Data Corporation (IDC) memperkirakan konten lokal  akan menjadi bintang di tahun 2013 dengan nilai akuisisi atau partnership terhadap start up lokal mencapai US$15 juta hingga   US$17 juta.

IDC  memperkirakan startup yang bisa mengikuti karakter masyarakat Indonesia dan dibuat dengan Bahasa Indonesia lebih diminati investor asing.   

Menurut IDC, Beberapa jenis startup yang memiliki potensi untuk diajak bermitra  oleh investor asing antara lain online game, social media , mobile application dan jual beli online.(ct)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year