Telkom makin berdayakan UMKM di ranah minang

08:48:29 | 30 Mar 2017
Telkom makin berdayakan UMKM di ranah minang
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (kiri) dan GM Telkom Witel Sumbar Darmawi.(dok)

JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui Kantor Wilayah layanan Telekomunikasi (Witel) Sumbar terus memberdayakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan menyalurkan Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL).

Pelaku UMKM yang dibidik bergerak di bidang Industri, Perbengkelan, Jasa, Peternakan dan Pertanian. Besaran dana yang disalurkan hingga triwulan I 2017 sebesar Rp 1,388 miliar yang diberikan kepada 58 Mitra Binaan berasal dari 7 Kabupaten/Kota di Sumbar.

“Dana ini diharapkan mampu meningkatkan dan menggairahkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Sumbar, melalui pergerakan UMKM akan berdampak pada pertambahan lapangan kerja dan akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan Pemilik dan Karyawannya,” ungkap GM Telkom Witel Sumbar Darmawi kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Auditorium Istana Gubernuran Sumatera Barat Rabu, (29/3) seperti diinformasikan dalam keterangan tertulisnya, kemarin malam.  

Dijelaskannya, dalam PKBL itu Telkom menggelontorkan dana pinjaman lunak selama 2 tahun dengan jasa administrasi hanya 6% per tahunnya, yang diperuntukan untuk memodali atau menambah modal UMKM setempat.

Sementara Program Bina Lingkungan diwujudkan dalam bentuk mengadakan pelatihan-pelatihan, bantuan sarana pendidikan, perbaikan/pembuatan sarana umum dan ibadah, bantuan korban bencana alam dan pembinaan lingkungan hidup.

Darmawi yang asli Minang itu mengungkapkan ini adalah penyerahan yang kedua kali di Auditorium Gubernuran, Program Kemitraan ini adalah penyediaan dana bergulir, artinya hasil pengembalian akan digulirkan lagi bagi UMKM lain yang membutuhkan, oleh karena itu para mitra binaan harus serius mengembangkan usahanya dan rutin melakukan pembayaran angsurannya.

Sementara Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam sambutanya menyampaikan terimakasih yang tak terhingga pada Telkom Indonesia sebagai BUMN paling kuat dan solid yang sudah rutin tiap triwulan memberikan dana bergulirnya. “Terima kasih kepada Telkom yang sudah ikut membangun Sumbar,” tutupnya.(sh)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.