RKB telah hadir di 210 titik

09:56:12 | 11 Apr 2019
RKB telah hadir di 210 titik
Menteri BUMN Rini Soemarno kala mencoba produk UKM di Rumah Kreatif Karawang.(ist)

JAKARTA (IndoTelko) - Rumah Kreatif BUMN (RKB) telah berhasil dihadirkan di 210 titik guna membantu pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mendapatkan akses pasar yang luas bagi produknya.

"Secara nasional sudah ada 210 RKB. Belum lama ini Peruri meresmikan Rumah Kreatif Karawang (RKK) yang berlokasi di Karawang Jalan Raya Teluk Jambe, Kabupaten Karawang," ungkap Koordinator RKB Telkom Sabri Rasyid, kemarin.

Dijelaskannya, RKK ini dalam pengoperasiannya juga akan bersinergi dengan BUMN lainnya, seperti Telkom dan Himbara yang selama ini sudah aktif mengoperasionalkan RKB di daerah lain.

Sementara Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya dalam keterangannya (9/4) menyatakan pendirian RKK yang diinisasi oleh Kementerian BUMN RI bertujuan untuk mendampingi dan membina para pelaku UMKM dalam hal pengelolaan usaha seperti: peningkatan kompetensi sumber daya, pengelolaan keuangan, permodalan, segmentasi dan target pasar, proses produksi dan total quality management.

“Pembangunan Rumah Kreatif BUMN Peruri ini merupakan komitmen Perusahaan untuk menyukseskan program BUMN Hadir Untuk Negeri. Nantinya RKK ini dapat dijadikan tempat para pelaku UKM untuk belajar dan berdiskusi agar menjadi UMKM Indonesia yang berkualitas. Mengingat Peruri memiliki Kawasan produksi di Karawang maka fokus kami adalah memberdayakan para pelaku UMKM di Provinsi Jawa Barat,” jelas Dwina.

RKK telah menjalin sinergi dengan beberapa BUMN lainnya dalam hal pemusatan data dan aktifitas pembinaan mitra binaan BUMN di Rumah Kreatif Karawang. Adapun BUMN yang bekerja sama dengan RKK yaitu: Pertamina, Pos Indonesia, Telkom, Mandiri, BNI, BRI, BTN dan Pupuk Indonesia Holding Company.  

Adapun RKK terbagi menjadi beberapa zonasi, yaitu zona showcase UMKM, zona registrasi, zona analisa data UMKM, zona konsultasi dan quality control, zona belajar sendiri, zona digitalisasi dan e-commerce serta zona belajar dan berbagi.

RKB adalah inisiatif Kementerian BUMN dalam rangka mewujudkan UKM Indonesia Berkualitas. Hal ini dicapai melalui pembinaan dengan level Go Modern, Go Digital, dan Go Online.

Terdapat 3 sektor UMKM yang menjadi fokus pembinaan, yaitu food, fashion, dan craft. Salah satu misi RKB adalah mewujudkan visi Presiden RI, Joko Widodo, yaitu Indonesia sebagai ekonomi digital terbesar di Asia.(ak) 

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.