RKB Telkom hadir di Simalungun

09:57:27 | 23 Dec 2017
RKB Telkom hadir di Simalungun
CEO TelkomGroup Alex J Sinaga (tengah) kala meresmikan RKB Simalungun.(ist)

JAKARTA (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) terus menambah jumlah Rumah Kreatif BUMN (RKB) untuk membawa pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) go digital dan global.

Terbaru, operator pelat merah ini menghadirkan RKB di Simalungun yang diresmikan CEO TelkomGroup Alex J Sinaga didampingi EVP Divisi Business Service (DBS) Tri Gunadi dan Executive Vice President Telkom Regional 1 Sumatera, Susatyo, pada 21 Desember 2017.

Alex mengharapkan pelaku UKM yang tergabung dalam RKB Simalungun bisa memaksimalkan seluruh fasilitas yang disediakan RKB yang menjadi bagian dari program "BUMN Hadir untuk Negeri".

"Harus ada UKM dari Simalungun yang berjaya menjadi pengusaha besar," tulis Alex dalam pesannya ke pelaku UKM.

EVP Telkom DBS Tri Gunadi menambahkan RKB Simalungun paling lengkap milik Telkom dengan berbagai fasilitas tambahan seperti ruang belajar yang lebih lapang, lesehan santai bagi UKM untuk berbagi bisnis, etalase produk yang dilengkapi fasilitas mini studio dan komputer untuk belajar listing di blanja.com, serta tersedia guest house yang bisa dimanfaatkan oleh UKM.

"Saat ini telah terdaftar 15 UKM unggulan yang merupakan Binaan Telkom dan BUMN lainnya dimana produk-produknya juga telah listing di blanja.com. Fokus pembinaan pengembangan UKM kedepan adalah fashion dan craft," katanya.

RKB Telkom hadir di Simalungun

Alex J Sinaga didampingi Tri Gunadi melakukan penanaman pohon di RKB Simalungun

Asal tahu saja, dalam setiap pengelolaan RKB BUMN, UMKM akan melalui 3 tahap mulai dari Go Modern, Go Digital, dan Go Online.

Go Modern dimulai dari bimbingan registrasi di situs www.rkb.id, standarisasi produk, serta pelatihan pengelolaan branding. Setelah itu, pelaku UMKM masuk ke tahap Go Digital untuk mendapatkan pelatihan implementasi apps digital, social media dan otomatisasi produk.

Tahapan terakhir adalah Go Online dimana para pelaku UMKM mendapatkan pelatihan mengenai pembuatan website, listing di situs e-commerce Blanja.com, serta pelatihan marketing dan motivasi tentang bagaimana tumbuh dan menginspirasi UMKM lainnya.(ad)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.