RKB Telkom digitalkan UKM di Labuan Bajo

08:57:17 | 20 Okt 2017
RKB Telkom digitalkan UKM di Labuan Bajo
Kapal Pinisi, kerajinan UKM dari koran bekas (dok)

LABUAN BAJO (IndoTelko) – Rumah Kreatif BUMN (RKB) milik Telkom ini adalah RKB pertama di Labuan Bajo.

Berdiri pada 29 oktober 2016 di kota Labuan Bajo, terletak satu area dengan Plasa Telkom Labuan Bajo. 

Seperti RKB milik Telkom lainnya, RKB Labuan Bajo juga bertujuan membantu pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menjadi lebih modern dengan go digital.

RKB Labuan Bajo saat ini beranggotakan sekitar 35 UKM dengan jumlah sekitar 20-an UKM yang tergolong aktif.  “Jumlah ini di luar komunitas-komunitas seperti Perempuan Peduli Lingkungan (P2L) dan Mawar Merah”, kata Yustha Dou salah seorang pengelola RKB Labuan Bajo yang ditemui IndoTelko beberapa waktu lalu.

Menurut Yustha, kebanyakan UKM yang terdaftar di RKB ini fokus di usaha souvenir dan makanan. 

Dikatakannya, kendala pengetahuan teknologi informasi yang harus dibenahi olehnya selaku pengelola RKB. “Pengetahuan internet masih jauh.  Jadi benar-benar belajar internet dan sosmed dari awal,” jelasnya.

Beberapa kegiatan yang dilakukan RKB Labuan Bajo ini selain mengadakan pelatihan-pelatihan rutin, juga berkunjung dan mendatangi UKM-UKM di penjuru Labuan Bajo.

Menurutnya, masyarakat yang memiliki UKM di kawasan tersebut sangat sulit untuk diajak bergabung ke RKB.  “Kendala utama yang kami hadapi adalah keinginan dan kemauan masyarakat di sekitar untuk hadir dalam pertemuan dan pelatihan yang diberikan.  Mereka rata-rata minta transport dan makan siang,” ceritanya.

Padahal menurut Yustha, di RKB ini tersedia berbagai fasilitas yang bisa dinikmati secara gratis. Mulai dari pelatihan marketing, packaging, dan sosmed serta berjualan online.

“Koneksi internet tersedia secara gratis, studio foto mini, dan berbagai fasilitas lainnya,” katanya. 

Dikatakan Yustha, pihaknya menggelar pertemuan-pertemuan dan edukasi dua kali dalam seminggu.  “Kami mengajari mereka membuat email, sosmed seperti Facebook, hingga menggelar dagangannya di toko online Blanja.com.

Imbas dari edukasi yang mereka lakukan adalah pelaku UKM bisa melebarkan pasar hingga ke luar wilayah Labuan Bajo.

“Sebelum berjualan di toko online, mereka menjajakan hasil kerajinannya ke rumah-rumah atau door to door, titip ke kawan, atau nebeng ke toko-toko temannya yang besar,” jelasnya.

Dijelaskannya, dengan berjualan secara manual, keuntungan yang mereka dapat  sedikit, berbeda bila menjual via toko online.

“Kami berharap agar tujuan RKB untuk membangun UKM yang berkualitas bisa maju sama rata. Jadi UKM-UKM dari Sabang sampai Merauke itu berkembang dan majunya sama.  Menjadi tumbuh lebih baik," tutupnya.(sg)

Ini video kondisi RKB Telkom di Labuan Bajo :

 

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.