Ini prestasi setahun Sobat UKM

13:00:41 | 15 Jan 2017
Ini prestasi setahun Sobat UKM
Sebagian tenaga ahli dari Sobat UKM (dok)

JAKARTA (IndoTelko) - Solusi Bisnis Sahabat Usaha Kecil Menengah (Sobat UKM) yang diluncurkan Telkom pada 14 Januari 2016, tak terasa telah berumur setahun.

Layanan Omni channel bagi pelaku UKM ini yang pertama di Indonesia kala itu.  Untuk mengakses layanan tersebut, Telkom menyediakan Multi Channel ; mulai dari akses nomor khusus 1500249, via website www.sobat-ukm.com yang menyediakan berbagai alternatif chat (webinar, live chat, video call), hingga konsultasi offline.  

Untuk mendukung layanan SOBAT-UKM ini, Telkom memanfaatkan jasa anak usaha,  PT Infomedia Nusantara yang saat ini memberi layanan Tele-Account Management (TAM). Selama ini TAM telah berhasil melayani jasa inbound-outbound dan Social Media Digital Center.

Khusus untuk SOBAT UKM, Telkom menyediakan Dedicated Agent dan Expert yang akan menjawab setiap solusi UKM baik terkait kebutuhan ICT maupun solusi bisnis untuk UKM pada jam kerja (08.00-17.00 wib).

SOBAT UKM dilengkapi juga dengan Digital Interactive terkait tips berbisnis, solusi permasalahan bisnis, maupun tutorial seputar UKM. Melalui web www.sobat-ukm.com , para pelaku UKM juga dapat mengakses berbakai macam artikel seputar bisnis dan UKM.

Langkah berani
Project Director Sobat UKM Telkom Indonesia Diah Yusuf mengungkapkan saat ini sudah sekitar 100 Experts Sobat UKM dari seluruh Indonesia yang sudah membantu lebih dari 1000 UKM di seluruh Indonesia.

“Jadi, benar-benar spreading. Sebagai contoh, Expert-nya di Surabaya, melayani konsultasi dari UKM Medan,  atau Expert di Depok melayani konsultasi dari UKM Jayapura dan lainnya. Dari mulai Ngawi sampai Jayapura, Medan sampai Gorontalo, Sobat UKM benar-benar menjadi sahabat bagi semua UKM,” katanya melalui pesan singkat ke IndoTelko, kemarin.

Dikatakannya, saat diajak bergabung untuk men-direct layanan terbaru milik Telkom itu, kesan yang didapatnya adalah sebuah terobosan yang membutuhkan keberanian.

“Kalau istilah bahasa anak sekarang ini aksi pakai nyali. Saya waktu itu mikir, berani banget Telkom bikin layanan ini, duit nya belum tentu, tetapi proses edukasi pasti akan memerlukan waktu yang tidak sebentar,” katanya.

Diah mengakui, sosok Mantan Direktur Entrpirse dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin salah satu yang punya andil adanya Sobat UKM. “Beliau memang peduli dengan kemajuan UKM, sebelumnya sudah ada Kampung UKM digital dari Telkom, dan lainnya berkat Pak Awaluddin.  Bravo untuk Pak Awaluddin untuk hal ini,” pujinya.

Diungkapkannya, dalam perjalanan setahun Sobat UKM dengan berbagai program, event, dan tema-tema workshop dunia bisnis terbaru membantu para pengusaha mikro, kecil dan menengah Indonesia untuk berdaya lebih baik.

Sobat UKM dikembangkan dengan konsep berbagi, sharing economy, dimana para Experts bukanlah karyawan Telkom,  seperti layaknya call center pada umumnya. Experts Sobat UKM adalah para pengusaha yang terseleksi dengan kapabilitas keilmuan dan pengalaman usaha yang luar biasa, sehingga benar-benar mampu membantu UKM yang berkonsultasi bukan sekadar teori melalui call center 1500249. (Baca: UKM Goes Digital)

“Program dari Telkom Indonesia ini luar biasa untuk membangun manusia Indonesia lebih tangguh dan berdaya.  Saya berharap Telkom Indonesia istiqomah dalam pengembangan layanan yang menjadi value creator bagi keberadaannya, sehingga Sobat UKM berani menjadi Reliable Partner for Growing Indonesia SME. Mari lanjutkan perjuangan, membangun Indonesia Hebat,” serunya. (baca: Sobat UKM dari Telkom)

Secara terpisah, SM Marketing Divisi Business Service Telkom Sabri Rasyid menegaskan program Sobat UKM akan dilanjutkan di tahun 2017 karena memberikan dampak positif bagi pengembangan ekosistem ekonomi digital dan daya saing pelaku UKM. (Baca: Tenaga expert Sobat UKM)

“Sobat UKM membuat Telkom makin guyub dengan pelaku UKM. Membangun komunitas adalah kunci utama go digital di era millennial ini. Kita akan sinergikan juga Sobat UKM dengan kehadiran Rumah Kreatif BUMN,” tutupnya.(id)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.