Program kampung ukm digital pikat APRACA

07:52:38 | 03 Sep 2016
Program kampung ukm digital pikat APRACA
Perwakilan APRACA berfoto di depan broadband learning center milik Telkom (Dok:TLKM)

JAKARTA (IndoTelko) - Program kampung ukm digital yang dijalankan Telkom sejak setahun belakangan mendapatkan perhatian dari Asia Pacific Rural and Agricultural Credit Asociation (APRACA).

"Belum lama ini perwakilan APRACA yang terdiri dari eksekutif asal India, Sri Lanka, dan Bhutan mendatangi wilayah layanan Telkom Regional 3 dan mengunjungi Kampung UKM digital Sentra batik Bigadung Bandung untuk mendapatkan sharing knowledge tentang program Kampung UKM Digital Telkom. Mereka penasaran dengan cara Telkom membawa pelaku UKM goes digital," ungkap Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin dalam sharing session on the weekend bersama IndoTelko, Sabtu (3/9).

Diungkapkannya, dalam kunjungan itu Telkom menyampaikan melalui program kampung ukm digital melaksanakan peran dan kewajibannya sebagai Agent of development yakni membantu para UKM memajukan bisnisnya melalui peningkatan adopsi digital melalui penyediaan sarana konektifitas internet, broadband learning center, dan juga penggunaan aplikasi-aplikasi digital agar dapat meningkatkan produksivitas pelaku usaha dan memperluas potensi pasar.

"Mereka sangat tertarik dengan konsep 360 derajat dimana Telkom tak hanya sediakan sarana, tetapi pelatihan, aplikasi, hingga pendanaan. Bagi mereka itu wujud komitmen dan konsistensi membawa pelaku UKM menjadi berdaya saing dan mandiri. Kata perwakilan APRACA, untuk perusahaan sekelas Telkom mau mengerjakan hal seperti itu sebagai hal yang luar biasa," jelasnya.

Sekadar diketahui, kampung UKM Digital  dilansir Telkom  sejak Juni 2015 untuk melengkapi gerakan pengembangan UKM yang telah dicanangkan seperti roadshow BAGUS Indonesia, Sentra UKM, Kampung Nelayan Digital.

Di setiap kampung ukm digital disediakan internet broadband melalui akses Fiber Optic dan wifi.id serta beberapa lokasi khusus menggunakan teknologi MangoSTAR, sebagai infrastruktur utama.

Tersedia juga  Broadband Learning Center (BLC) sebagai wadah pembelajaran Bagi UKM yang sudah terinstall didalamnya Pustaka Digital milik Telkom (PaDi). Penyediaan aplikasi dan konten pendukung produktivitas UKM. Sarana marketplace dan toko online bagi UKM. Prioritas bagi UKM dalam menerima bantuan CSR Telkom. Kegiatan pelatihan dan sosialisasi terkait pemanfaatan teknologi informasi. Pendampingan baik secara offline, bertemu langsung maupun secara online melalui layanan SOBAT UKM 1500-249. (Baca: Tiga juta ukm goes digital)

Program Kampung UKM Digital tersebut merupakan pionir dalam program pengembangan UKM berbasis teritory dan komunitas yang dikomandoi Divisi Business Service dari Telkom. (Baca: Seribu kampung ukm digital)

Pada 17 Agustus lalu sudah ada 300 kampung ukm digital dan tengah dikejar seribu lokasi pada akhir tahun ini.(sr)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.