Telkom bikin Kampung UKM Digital Menggeliat di Ambon

14:02:03 | 22 Jun 2016
Telkom bikin Kampung UKM Digital Menggeliat di Ambon
Seremoni pembukaan Kampung UKM Digital Desa Ralsasam, Ambon (dok: Tlkm)

AMBON (IndoTelko)  – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui Divisi Business Service membuka Kampung UKM Digital di Desa Ralsasam, Ambon.

“Pesona Wisata Kota Ambon sudah tidak perlu diragukan lagi.  Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang terkagum-kagum setelah berkunjung dan menelusuri  tanah Ambon. Salah satu industri warisan  leluhur yang sangat terkenal adalah kerajinan tenun ikat. Telkom ingin membawa pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di daerah ini Goes Digital agar bisa bersaing di era Masyarakat Ekonomi Asean,” kata Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin kepada IndoTelko melalui sambungan telepon, Rabu (22/6).

Awaluddin menuturkan “Kampung UKM Digital Tenun Ikat Desa Ralsasam Desa Tawiri ini merupakan Kampung UKM Digital Pertama di Provinsi Maluku, yang ke-7 di Telkom Regional 7 dan yang ke-135 secara nasional. Setelah ini akan disusul oleh beberapa lagi beberapa kampung UKM Digital lainnya yang diharapkan dengan Digitalisasi UKM di Kota Ambon ini akan bisa mengangkat perekonomian masyarakat khususnya sektor UKM.

Executive General Manager Divisi Business Service Tri Gunadi menambahkan Telkom tidak hanya berhenti di peluncuran tetapi akan melakukan pendampingan bagi UKM agar mereka dapat melek teknologi. “Pendampingan ini akan dilakukan secara berkesinambungan,” katanya.

Penuturan Tri Gunadi ini seolah menjawab harapan dari Walikota Ambon yang menghadiri acara tersebut. Walikota Ambon Richard Louhenapessy, SH dalam sambutannya mengharapkan agar Telkom dapat hadir untuk mempersempit kesenjangan digital di Kota Ambon dengan membantu para UKM di kota Ambon agar dapat berjualan secara online.
Apalagi, di Ambon masih terdapat dua kecamatan di pinggiran Kota Ambon yang belum terjangkau oleh akses internet.

Executive Vice President Telkom Regional VII Firdaus yang ikut dalam rombongan Safari Ramadan langsung menyatakan kesiapannya untuk membuka akses internet ke seluruh wilayah kota Ambon. “Kami siap memberikan yang terbaik. Ini bakti Telkom bagi Negeri,” tutupnya.(ip)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.