Ingin Digitalisasi Sejuta UKM, Telkom Rajin Blusukan ke Komunitas Bisnis

06:29:39 | 17 Apr 2015
Ingin Digitalisasi Sejuta UKM, Telkom Rajin Blusukan ke Komunitas Bisnis
Telkom DBS dan komunitas JPMI Jawa Tengah (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui Divisi Business Service (DBS) terlihat serius merealisasikan target melakukan digitalisasi terhadap sejuta UKM pada tahun 2015.

“Hingga kini sudah sekitar 200 ribu-an pelaku UKM yang telah ter-registrasi di www.smartbisnis.co.id maupun pengguna produk Telkom lainnya. Untuk menuju angka 1 juta, kami  sedang mengimplementasikan berbagai strategi, salah satunya merangkul berbagai komunitas bisnis di seluruh Indonesia,” ungkap General Manager Micro Business DBS, Ace E. Suwarta kala berkunjung ke Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia (JPMI) wilayah Jawa Tengah, kemarin.

Salah seorang pengurus JPMI Kota Semarang, Nugroho,  mengungkapkan kerjasama dengan Telkom merupakan salah satu langkah strategis bagi komunitasnya, mengingat para anggota yang kini berjumlah 50-an  sangat membutuhkan pemanfaatan ICT bagi pengembangan bisnisnya.

“Kami sangat bahagia dapat bekerja-sama dengan Telkom untuk pengembangan bisnis bagi anggota JPMI kota Semarang,” ungkap Nugroho yang juga merupakan pengusaha kuliner.

Secara terpisah, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, menjelaskan, aksi blusukan ke kantong-kantong komunitas sesuai dengan stretegi 3C yang dirancangnya.

“Komunitas adalah salah satu unsur C (Community) yang tak kalah pentingnya, disamping Connectivity dan Content,” paparnya.

Menurutnya,  strategi pendekatan ke komunitas bisnis menjadi sangat penting guna mempercepat merangkul pasar pelaku UKM yang berjumlah 57 juta.

“Pendekatan one-to-one akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Maka pendekatan ke komunitas akan mempercepat proses merangkul para pelaku UKM. Komunitas bisnis pasti butuh pemanfaatan ICT untuk pengembangan bisnisnya, dan kami juga membutuhkan komunitas untuk bersama-sama memanfaatkan produk dan solusi yang ada. Prinsip win-win partnership berlaku disini,” jelasnya.(id)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.