Cara Delima Membuat Kiriman Uang menjadi Mudah

13:05:22 | 12 Apr 2015
Cara Delima Membuat Kiriman Uang menjadi Mudah
Pengguna Delima usai mencairkan pengiriman uang (dok)

JAKARTA (IndoTelko) - Wajah Yuli terlihat sumringah. Wanita yang tinggal di Tulung Agung ini baru saja keluar dari kantor Pegadaian untuk mengambil kiriman uang dari suaminya  di Malaysia.

“Senang sekali bisa menerima kiriman uang dengan mudah melalui jasa Delima dari Telkom. Begitu dapat kode pengiriman di ponsel, saya langsung ke Kantor Pegadaian untuk mencairkannya. Alhamdulillah mudah, ” ungkap Yuli yang ditemani putranya ke salah satu kantor cabang Pegadaian Tulung Agung, belum lama ini.

Yuli tak seorang diri. Berkat jasa Delivery Money Access (Delima) dari Telkom, jasa remitansi  dapat terselenggara dengan mudah. Masyarakat di kota maupun di pelosok, dapat menikmati jasa Remittance domestik maupun international tanpa menggunakan rekening bank.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom Muhammad Awaluddin menjelaskan perseroan sejak September 2014  mulai gencar melakukan ekspansi layanan remitansi internasional Delima melalui anak usaha, PT Finnet Indonesia,  ke Hongkong, Taiwan, Jepang dan Malaysia.

Diungkapkannya, selama periode triwulan-1 2015, layanan Delima di Hongkong telah melayani transaksi sekitar Rp 150 miliar. Jumlah yang cukup besar, mengingat dalam tempo 3 bulan rata-rata Delima melayani transaksi Rp 50 miliar dimana mayoritas pengirim adalah Buruh Migran Indonesia (BMI).

Jumlah member pengirim dan channel yang ada di Hongkong juga semakin banyak, kini mencapai 8.000 channel baik institusi maupun personal.

“Beberapa srategi telah dilakukan, baik promosi langsung maupun melalui cerita dari mulut ke mulut pengguna di Hongkong. Ini yang cukup efektif untuk menggerakkan masyarakat Indonesia yang ada di Hongkong untuk melakukan jasa pengiriman uang melalui Delima Remittance,” katanya.

Apalagi,  ditambah semakin banyaknya jumlah channel atau titik pencairan kiriman di dalam negeri, baik melalui koperasi, UKM hingga Pegadaian dan perbankan. “Ini memberi kemudahan bagi keluarga penerima transfer di Indonesia,” tambahnya.

Ditambahkannya, untuk apresiasi bagi masyarakat yang telah memanfaatkan layanan Delima Remittance luar negeri dan dalam negeri, Finnet Indonesia dan Telkom Divisi Business Services (DBS) melakukan program hadiah motor, emas dan lain-lain yang dilakukan beberapa waktu lalu.

“Program gebyar hadiah seperti ini akan rutin dilakukan untuk memasyarakatkan kemudahan Delima. Kami harapkan layanan Delima semakin semarak, khususnya dalam memberi kemudahan dan kecepatan dalam transaksi kirim uang dari luar negeri,” katanya.(id)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.