Petualangan Telkom di Dunia Pendidikan

Telkom Bawa IndiCampus Rambah Kendari

09:36:28 | 01 Apr 2015
Telkom Bawa IndiCampus Rambah Kendari
Peserta seminar IndiCampus di Kendari (Dok)

JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui Divisi Business Services (DBS) membawa Indonesia Digital Campus (IndiCampus) ke Kendari.

IndiCampus adalah program meningkatkan penetrasi broadband dan pengembangan total solusi di dunia pendidikan. Program ini bertujuan untuk membantu terpenuhinya prasyarat World Class Campus di seluruh kampus di Indonesia, yang salah satu indikatornya adalah dapat menyediakan minimal broadband akses 5 Kbps atau rata-rata throughput bandwitdh minimal per mahasiswa.

Bertempat di aula Universitas Halu-Oleo Kendari, TELKOM bekerjasama dengan pihak Universitas Halu-Oleo (UHO) mengadakan Seminar bertemakan “Membangun Ekosistem Digital Kampus Hijau UHO melalui Pendekatan Paradox Marketing” beberapa waktu lalu.

Seminar yang mengangkat topik pemanfaatan Internet bagi Komunitas Perguruan Tinggi tersebut, diikuti ratusan civitas akademika UHO yang ingin menjadikan kampusnya sebagai Kampus Hijau dimana pemanfaatan internet menjadi salah satu kunci pendukung program tersebut.

“Kami memang ingin membawa IndiCampus ke luar Pulau Jawa tahun ini,” kata  Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin, kemarin.

Dikatakannya,  suksesnya program IndiCampus, ditandai dengan terlayaninya seluruh kampus di Indonesia oleh infrastruktur broadband di tahun 2015 ini, dimana seluruh kampus di Indonesia telah ter-digitalisasi.

Untuk sukses program IndiCampus, kami tetap konsisten meng-implementasikan konsep 3 C : Connectivity, Content, dan Community. Connectivity berupa penyediaan akses internet, Voice dan Datacom berkualitas prima.

Adapun Content yaitu Sistem Informasi Akademik atau e-akademik, Distance Learning, Bostoko bagi komunitas UKM yang ada di kampus, Q-Baca, Virtual Data Storage dan Q-Jurnal. Terakhir Community antara lain adanya integrasi ekosistem kampus, e-payment, Tesca, dan Closed User Group Telkomsel.

Ditambahkannya, dengan adanya program IndiCampus ini, khusus untuk Connectivity, Telkom berikan tawaran spesial untuk kampus-kampus yaitu program Hub-Kampus. Program ini memungkinkan kampus-kampus yang akan berlangganan akses internet premium dari Telkom secara kolektif dengan metoda “Bandwidth Connection Sharing”, yaitu pembelian bandwidth secara “bulk” untuk kemudian di-share ke seluruh anggota Hub-Kampus.

“Dengan demikian kampus-kampus peserta Hub Kampus  bisa mendapatkan akses internet broadband premium dengan harga yang lebih hemat. Ini merupakan inovasi ala Paradox Marketing untuk dunia kampus,” katanya.

Dalam catatan, sejak diluncurkan 2014 lalu IndiCampus sudah melayani 1.416 kampus. Tahun ini dibidik ada tambahan sekitar 74 kampus terlayani oleh Telkom.(id)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.