Telkom akan Digitalisasi Sejuta UKM

16:14:57 | 26 Mar 2015
 Telkom akan Digitalisasi Sejuta UKM
Muhammad Awaluddin (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) membidik bisa membuat sejuta pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) masuk dalam program digitalisasi pada tahun 2015.

Direktur Enterprise & Business Telkom Muhammad Awaluddin mengungkapkan, tak lama lagi perseroan  akan meluncurkan sebuah program gerakan edukasi untuk UKM yang diberi nama BAGUS-INDONESIA atau Bina Aspirasi untk Gerakan sejuta UKM di Seluruh Indonesia.

Program ini akan memberikan edukasi ke-30 kota besar. Gerakan ini terinspirasi atas sukses pelaksanaan Indipreneur Festival yang diadakan Telkom  pada tahun 2013-2014. Melalui gerakan BAGUS INDONESIA inilah, Telkom akan mendukung Digitalisasi sejuta UKM Indonesia.

“Kami menyadari bahwa tingkat pemanfaatan TIK dikalangan UKM memang masih sangat rendah, kisaran 4%. Ini yang merupakan salah satu faktor mengapa kami memutuskan untuk masuk ke pasar UKM tersebut,” ungkapnya disela-sela Acara Pelantikan Pengurus Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Sul-Sel, kemarin.

Pria yang juga menjadi Presiden IMA ini menjelaskan, dalam menggarap pasar solusi TIK untuk UKM perseroan menerapkan pola 3C.

C pertama adalah Connectivity. Ini adalah dasar atau basis layanan Telkom  yakni memberikan sambungan telekomunikasi. Connectivity berupa penyediaan jaringan akses baik untuk akses telepon maupun Internet. Termasuk penyediaan akses wi-fi yang kini telah tersebar diberbagai titik dan lokasi.

C kedua adalah Content. Content ini sangat penting. Pelaku UKM harus menikmati aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya. Telkom  telah meluncurkan berbagai aplikasi khusus buat pelaku UKM agar  bisa menumbuhkan bisnisnya, seperti BosToko dan ZAPA, serta penyediaan web-site www.smartbisnis.co.id.

C yang terakhir, Community. Telkom memfasilitasi terbentuknya atau semakin mudahnya para komunitas untuk saling berkomunikasi atau berinteraksi.

Hingga saat ini, sudah tergabung lebih 300.000 pelaku UKM yang terdaftar melalui www.smartbisnis.co.id.  Web-site registrasi ini disediakan gratis oleh Telkom. Pelaku UKM dapat memanfaatkan web-site tersebut untuk web-builder, promosi produk UKM, forum komunitas UKM, konsultasi, diskusi sesama UKM dan lain-lain. Telkom menargetkan sejuta  akan tergabung dalam www.smartbisnis.co.id hingga akhir tahun 2015.

Operator ini juga tengah melakukan inovasi produk dan layanan untuk pelaku bisnis UKM, seperti ; STAR-Connect (untuk konektivitas), STAR-Care (layanan contact-center), STAR-Cloud (layanan berbasis komputasi awan) dan STAR-Pay (layanan pembayaran dan jasa kirim terima uang). STAR-Series merupakan inovasi Telkom dengan filosofi Smart solution for SME, Trusted, Affordable dan Reliable.

“Kami juga terus genjot edukasi, berupa talkshow di berbagai kota maupun terjun langsung atau blusukan ke sentra-sentra UKM. Kami sadar, bahwa memang butuh nafas dan langkah yang panjang untuk mengedukasi pasar UKM akan pentingnya TIK, namun tak menyurutkan langkah kami demi kemajuan UKM Indonesia,” pungkasnya.(id)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.