Rekam Jejak Telkom Membesarkan Bisnis UKM

STAR Series, Rangkaian Inovasi Telkom untuk UKM

12:18:29 | 07 Mar 2015
STAR Series, Rangkaian Inovasi Telkom untuk UKM
Ilustrasi (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) terus berinovasi melalui Divisi Business Service (DBS) guna memberikan berbagai tawaran solusi menarik buat pelaku bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Dimulai dari layanan konektivitas berbasis copper atau serat optik,  aplikasi mobile hingga managed service dengan cloud computing.

Berkat sejumlah inovasi yang dilakukan Telkom DBS, solusi-solusi yang sebelumnya hanya dikenal oleh pelaku bisnis enterprise (bisnis skala besar dan multi-nasional), kini bisa dicicipi  UKM sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.

“Saya selalu menekankan bahwa Inovasi baik dalam bentuk produk dan layanan maupun bisnis model harus menjadi kunci kemenangan dalam mengelola bisnis UKM ini. Tanpa itu kita akan kesulitan masuk untuk mengembangkan bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi UKM yang tingkat penetrasinya maish rendah,” kata Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, kemarin.

Diungkapkannya, salah satu inovasi layanan yang sedang dikembangkan dan saat ini sudah mulai masuk ke pasar diperkenalkan dengan nama STAR-Series.

STAR sendiri akronim dari Smart Solution for SME. Trusted dengan layanan yang terpercaya dari Telkom.

Affordable dengan penawaran harga yang sangat kompetitif dan sesuai dengan alokasi budget UKM. Terakhir, Reliable yang dapat diperoleh dengan mudah.

“STAR inilah yang menjadi semacam patokan untuk mengembangkan produk layanan buat UKM,” tambah Awaluddin.

Sebelumnya, Telkom telah memperkenalkan nama generic dari produk seperti STAR-Data Center dan STAR-Contact Center. Saat ini dirasa sudah waktunya memperkenalkan product brand seperti STAR-CLOUD untuk Data Center dan STAR-CARE untuk Contact Center.

Sejauh ini Telkom telah menyediakan STAR-CLOUD untuk produk dan solusi yang berbasis Cloud, seperti web-hosting, mail-hosting, penyewaan data center atau co-location untuk back-up system. Layanan ini sangat cocok bagi UKM yang mulai memikirkan pentingnya data base serta jumlah cabang yang mulai tumbuh.

Lalu ada STAR-CARE, Layanan yang memanfaatkan kompetensi salah satu anak usaha Telkom, Infomedia, dimana pelaku UKM juga dapat menyewa jasa Contact Center 24 jam dengan model seat-sharing, sehingga pelaku UKM dapat menghemat tanpa perlu menyediakan petugas operator khusus contact-center di lokasi bisnisnya.

“Khusus yang bersifat konektivitas, kami menyediakan STAR-CONNECT untuk kemudahan akses Internet, Telepon dan Usee-TV bagi pelanggan bisnis kami,” sambung  Awaluddin.

Dikatakannya, dengan penyediaan akses Fiber Optik yang berkualitas tinggi, pelaku bisnis UKM dapat menikmati band-width hingga 100 Mbps dan pada saat yang sama,  diberikan keringanan biaya penggunaan telepon termasuk ada diskon khusus untuk panggilan menuju nomor seluler Telkomsel.

“Sebentar lagi kami akan meluncurkan layanan terbaru yakni STAR-OFFICE. Layanan ini merupakan konsep virtual-office dan service office dengan konsep Shared office yang dilayani oleh tenaga perkantoran yang professional sebagaimana layaknya kantor fisik,” katanya.

Layanan yang dikonsep seperti perkantoran pada umumnya dengan memiliki resepsionis dan IT Support yang disediakan dalam bentuk virtual, dan ruang meeting dengan fasilitas meeting lengkap yang dapat digunakan sesuai kebutuhan

Telkom mengharapkan, melalui STAR-series ; STAR-CARE, STAR-CLOUD, STAR-CONNECT dan STAR-OFFICE, Bisnis UKM akan semakin berkembang dan menjadi bintang bagi perekonomian Indonesia dengan pemanfaatan TIK tersebut.(id)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.