Telkom Siap Harmonisasikan Budaya dan TIK

16:40:30 | 03 Mar 2015
Telkom Siap Harmonisasikan Budaya dan TIK
Seremoni pengelolaan e-ticketing di Keraton Kasepuhan Cirebon (dok)

CIREBON (IndoTelko) –  PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) siap mewujudkan kolaborasi budaya dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam rangka  mendukung sektor pariwisata  Indonesia.

Langkah itu  diwujudkan emiten Halo-halo ini dengan Pacific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter dalam pengelolaan E-ticketing dan Web Commerce di Keraton Kasepuhan Cirebon dan Taman Air Sunyaragi

Telkom dan PATA Indonesia Chapter sepakat untuk melakukan kerjasama pengembangan infrastruktur, sarana dan prasarana yang terintegrasi berbasis ICT untuk industri pariwisata Indonesia.

PATA Indonesia Chapter adalah asosiasi regional yang berperan sebagai katalis bagi pengembangan industri pariwisata Asia Pasifik dengan anggota dari pihak swasta dan pemerintah.

PATA mendorong pertumbuhan pariwisata yang bernilai, berkualitas dan berkelanjutan di kawasan Asia Pasifik. Salah satu cara PATA Indonesia Chapter untuk meningkatkan pemasaran dan promosi pariwisata terintegrasi adalah melalui penerapan sistem manajemen destinasi online.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin mengatakan, Telkom siap mendukung pariwisata Indonesia untuk menjadi destinasi utama pariwisata dunia, serta mewujudkan target pemerintah untuk mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun 2019 melalui penyediaan infrastruktur ICT yang disinergikan dengan budaya Indonesia.

“Telkom memberikan solusi layanan destinasi online seperti e-commerce dan e-ticketing. Seperti yang saat ini diresmikan yakni web commerce www.royalkasepuhancirebon.com dan e-ticketing Keraton Kasepuhan Cirebon. Untuk penyediaan layanan tersebut, Telkom juga menggandeng Finnet selaku anak usaha yang turut berperan sebagai payment gateway,” katanya dalam keterangan tertulis,  Selasa (3/3).

Menurutnya, penerapan web commerce dan e-ticketing di Keraton Kasepuhan Cirebon ini adalah hal yang sangat menarik karena mengkolaborasikan antara culture dengan ICT.

“Budaya adalah hal yang selalu menarik bagi wisatawan asing dari negara maju dan mereka memiliki kecenderungan mencari informasi terlebih dahulu mulai dari akomodasi, event, makanan khas sampai dengan budaya yang menarik melalui online. Dengan memunculkan keunikan budaya Cirebon melalui destinasi Keraton Kasepuhan Cirebon secara online maka telah meng-connect-kan warisan budaya Cirebon dengan dunia, Inilah yang saya sebut when culture meets technology.” ungkap Awaluddin.

Selanjutnya Awaluddin menambahkan, sebagai bukti nyata keseriusan Telkom dalam mendukung pertumbuhan dunia pariwisata, saat ini Telkom sedang mengembangkan platform digital tourism hub yang nantinya akan mengintegrasikan ekosistem stakeholder kepariwisataan Indonesia melalui ICT.

Telkom juga sedang mengembangkan konten digital untuk mendukung promosi kepariwisataan Indonesia yang akan didistribusikan melalui Platform Digital UseeTV yaitu channel digital khusus pariwisata Indonesia dengan konten yang dibuat secara kolaborasi antara pemerintah, komunitas, dan akademisi.

Selain itu, saat ini Telkom juga turut serta mempromosikan budaya lokal melalui film-film pendek yang dapat dinikmati melalui mobile application atau disebut Sinema Online.(id)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.