Telkom Dukung SALUT sebagai Wujud Bakti bagi Pendidikan Indonesia

16:15:10 | 03 Mar 2015
Telkom Dukung SALUT sebagai Wujud Bakti bagi Pendidikan Indonesia
Seremoni kerjasama SALUT (dok)

CIREBON (IndoTelko)  – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mendukung Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) dalam rangka mendukung program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang telah dicanangkan pemerintah.

Sebelumnya, Telkom juga telah mendukung dunia pendidikan dengan mendukung program Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KemenristekDikti) melalui penyediaan fasilitas jaringan dalam pelayanan pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN Online 2015.

Dalam mendukung SALUT, Telkom dan Universitas Terbuka sepakat untuk melakukan kerjasama pengembangan sarana dan prasarana pendidikan Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) berbasiskan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Kerjasama ini dapat mendukung Universitas Terbuka untuk mendekatkan layanan serta memfasilitasi peningkatan akses dan keterampilan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi mahasiswa dalam pembelajaran dan menjadi institusi PTTJJ berkualitas dunia dalam menghasilkan produk pendidikan tinggi dan dalam penyelenggaraan, pengembangan, dan penyebaran informasi PTTJJ.

“Sejalan dengan visi KemenristekDikti untuk mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu serta berkemampuan IPTEK dan inovasi untuk meningkatkan daya saing bangsa, Telkom siap mendukung kemajuan dunia pendidikan Indonesia melalui penyediaan sarana dan prasarana pendidikan berbasis  TIK,” ungkap Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin di Cirebon, Selasa (3/3).

Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) merupakan fasilitas ruang belajar bersama berbasis TIK yang digunakan sebagai pendukung proses pembelajaran jarak jauh mahasiswa Universitas Terbuka dan dapat dimanfaatkan oleh Alumni Universitas Terbuka serta masyarakat umum.

Saat ini, SALUT Tahap I yang sudah siap beroperasi adalah SALUT Cirebon, SALUT Cibinong (Bogor) dan SALUT Rangkas Bitung (Banten).

Awaluddin menambahkan, sebagai bukti nyata keseriusan Telkom dalam mendukung dunia pendidikan di Indonesia, Telkom melalui anak perusahaannya Graha Sarana Duta (GSD) bekerjasama dengan Universitas Terbuka  akan mengembangkan lebih banyak lagi lokasi Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia untuk dapat menjangkau dan mendekatkan layanan Universitas Terbuka kepada mahasiswa di daerah.

“Dengan kehadiran Telkom melalui berbagai layanan ICT baik connectivity, aplikasi maupun manage service untuk Universitas Terbuka serta berbagai PTN dan PTS diharapkan dapat menjadi enabler percepatan pendidikan Indonesia,” pungkasnya.(id)

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.