BPR-SATU, Inovasi Telkom untuk Modernisasi BPR

12:51:05 | 21 Feb 2015
BPR-SATU, Inovasi Telkom untuk Modernisasi BPR
Suasana kerjasama Telkom-Perbarindo (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Berangkat dari kesamaan visi untuk bersama-sama memodernisasi BPR dengan pemanfaatan layanan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK), komunitas Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (PERBARINDO) dengan Telkom yang diwakili oleh Divisi Business Service (DBS), sepakat melakukan Joint Planning Session (JPS) pada akhir 2013 lalu dan masih berlaku hingga saat ini.

JPS ini dalam rangka menyepakati program modernisasi pengelolaan BPR dengan tema “Smart way toward Modern BPR”.

PERBARINDO yang beranggotakan kurang lebih 1.639 BPR dan jumlah kantor sebanyak 4.485 kantor dengan jumlah nasabah mencapai 13 juta orang, merupakan pasar yang sangat potensial.

Dengan adanya JPS tersebut, akses masyarakat terhadap perbankan akan semakin mudah sekaligus dalam rangka menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan dibuka pada 2015 ini.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin menegaskan perseroan hadir untuk kemajuan Indonesia.
Dalam skala makro, Telkom berkomitmen untuk membangun segala komunitas bisnis yang ada termasuk BPR. “Kami  memberikan solusi layanan khusus untuk anggota PERBARINDO, mulai dari Device, Network dan Aplikasi,” ujarnya melalui wawancara telepon beberapa waktu lalu.

Diungkapkannya, untuk pengembangan inovasi layanan terhadap BPR ini, perseroan menggandeng anak usaha, TelkomSigma yang bergerak dalam pengembangan aplikasi keuangan.

Bahkan, khusus untuk anggota PERBARINDO, perseroan meluncurkan sebuah inovasi dalam hal skema bisnis. Telkom menawarkan model transaksional maupun system bulanan. BPR tinggal memilih mana yang dianggap efisien.

Untuk mensolusikan kebutuhan operasional BPR, Telkom menyediakan aplikasi yang dikenal dengan istilah Core Banking Layanan SATU yang dikembangkan TelkomSigma.

Layanan SATU merupakan solusi konsep terpadu aplikasi inti perbankan (Core Banking) dengan konsep sharing yang dipadukan dan dilengkapi dengan fungsi CRM (customer relationship management)

“Intinya, BPR akan mendapatkan layanan TIKdengan harga yang terjangkau dengan kualitas dan system security yang handal setara dengan bank umum. Dan terbukti sudah puluhan BPR menikmati solusi yang kami sediakan,” pungkas Awaluddin.(id)

Artikel ini berkat kerjasama dengan TELKOM DBS

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.