Rekam Jejak Telkom Membesarkan Bisnis UKM

Telkom e-Koperasi Permudah Pengelolaan Koperasi

12:13:45 | 17 Feb 2015
Telkom e-Koperasi Permudah Pengelolaan Koperasi
Muhammad Awaluddin (tengah) bersama sebagian TIM Telkom DBS (dok)

JAKARTA (IndoTelko)-  Telkom melalui Divisi Business Service (DBS) yang diberi tanggung jawab untuk mengelola segmen pelanggan Bisnis dan UKM pada 11 Januari 2010 meluncurkan layanan aplikasi pertama berupa e-Koperasi, yang diberi nama Koperasi Modern Indonesia.

Layanan aplikasi yang sederhana ini menyasar pasar Koperasi yang jumlahnya ratus ribu di seluruh Indonesia. Kala itu, untuk pertama kalinya, DBS berhasil melakukan kerjasama dengan 28 Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) di wilayah Jawa Barat.

Telkom  berusaha menggandeng Dinas Koperasi dan UKM setempat untuk memudahkan sosialisasi pemanfaatan aplikasi e-Koperasi tersebut. Berbagai strategi ditempuh guna meyakinkan pelaku Koperasi dan UKM tentang pentingnya pemanfaatan TIK bagi bisnis.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin menjelaskan perseroan tergerak untuk turut memajukan bisnis Koperasi Indonesia. Koperasi yang merupakan soko guru perekonomian harus turut ditunjang dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang tepat agar semakin maju dan modern.

Menurutnya,  Koperasi Modern Indonesia adalah salah satu cara perseroan memberi solusi kepada Koperasi berdasarkan core bisnis Telkom di bidang TIMES, yaitu dengan memperkenalkan aplikasi e-Koperasi yang dapat memberikan berbagai kemudahan, antara lain dalam efisiensi proses bisnis, mempercepat layanan kepada stakeholder, meningkatkan pendapatan, serta menambah channel bisnis baru bagi Koperasi yaitu sebagai agen Delima (deliveri Money Access), jasa layanan pengiriman uang milik Telkom.

e-Koperasi atau Koperasi Modern Indonesia merupakan Aplikasi Pengelolaan Koperasi Simpan Pinjam dan BMT terpadu untuk mendukung operasional dan transaksional  Koperasi sekaligus media  monitoring dan pelaporan aktifitas operasional.

Modul yang terdapat dalam aplikasi ini adalah Customer Service, Teller/Kasir, Simpanan, Simpanan Berjangka, Pinjaman/Pembiayaan, Akuntansi, dan Administrator.

Sementara perangkat yang dibutuhkan adalah Komputer Server,  Komputer Client, Switch HUB (untuk membuat jaringan komputer/LAN),  LAN,  Printer, UPS,  Akses Internet (1 packaging dengan software aplikasi) dan Modem ADSL.

Keunggulan dari layanan e-Koperasi adalah mendukung transaksi dan layanan koperasi yang Akurat, Aman, dan Akuntabel,  Pengelolaan data  transaksi  elektronik  & online, memudahkan pengarsipan & pencarian data, Dukungan Infrastruktur dari Telkom, dan Customer Care Telkom 7 * 24 Jam.

Hingga Saat ini, terinspirasi dari peluncuran dan implementasi e-Koperasi , Telkom melalui DBS telah meluncurkan berbagai aplikasi untuk Koperasi dan UKM baik berbasis web, mobile hingga cloud.

“Ini merupakan bukti komitmen Telkom untuk senantiasa memajukan bisnis Koperasi dan UKM Indonesia,” pungkasnya.(id)

Artikel ini berkat kerjasama dengan TELKOM DBS

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.