Menelisik Gairah Telkom di Sektor Pariwisata

11:43:43 | 15 Feb 2015
Menelisik Gairah Telkom di Sektor Pariwisata
Muhammad Awaluddin (dok)

JAKARTA (IndoTelko) –  Perkembangan sektor pariwisata yang semakin marak, membuat Telkom turut mengambil peluang dengan penyediaan layanan solusi  yang berkaitan khususnya dengan bisnis perhotelan.

Inisiatif ini terus digenjot oleh operator pelat merah ini melalui  Divisi Business Service (DBS) yang menyatakan keseriusannya menggarap pasar perhotelan yang tengah tumbuh pesat di berbagai kota di Indonesia.

"Jika pada mulanya  kami hanya melayani industri perhotelan dalam bentuk akses konektifitas, kini kami mulai masuk menawarkan aplikasi e-Hotel yang juga dibutuhkan dunia perhotelan, ini yang mendasari kami meluncurkan Program Indonesia Digital Tourism atau IndiTourism," kata Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin melalui sambungan telepon, kemarin.

Menurutnya, aplikasi e-Hotel ini sangat penting karena mendukung peningkatan layanan dan pertumbuhan nilai bisnis Hotel itu sendiri. Mulai dari layanan booking, manajemen kamar, akuntasi, manajemen personalia, hingga pengembangan hotel ke depannya."Aplikasinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan hotel," ujarnya.

Aplikasi e-Hotel yang disediakan Telkom, target awalnya adalah menyasar hotel-hotel bintang tiga ke bawah termasuk hotel melati dan budget hotel yang kini sedang tumbuh.

Salah satu keunggulan aplikasi yang disediakan adalah berbasis cloud dan sifatnya transaksional. Sehingga, pengusaha hotel tidak perlu lagi memikirkan investasi server ataupun memikirkan biaya fixed bulanan.

"Cukup membayar senilai tertentu per transaksi yang ada, artinya akan sangat mendukung bagi pemilik hotel yang memang konsen untuk berkembang. Layanan yang disediakan bervariasi, sesui dengan kebutuhan pengelola hotel," papar Awaluddin.

Lebih lanjut Awaluddin mengungkapkan bahwa salah kunci untuk kemajuan layanan hotel adalah pada pemanfaatan teknologi informasi komunikasinya.  “Akses internet maupun aplikasinya menjadi bagian tak terpisahkan bagi sebuah hotel. Mulai untuk kegiatan promosi, hingga manajemen hotel sendiri,” ujarnya.

Dalam inisiatif e-Hotel ini, Telkom juga menggandeng komunitas Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), untuk bekerja sama mengembangkan bisnis perhotelan di Indonesia sesuai dengan kompetensi masing-masing.

“Tak lama lagi, melengkapi program IndiTourism, Telkom juga akan menyasar pelaku bisnis ekositem pariwisata lainnya seperti, tour-travel dan restoran dengan penyediaan solusi aplikasi-aplikasi yang tepat. Tunggu saja tanggal mainnya,” pungkasnya.(id)

Artikel ini berkat kerjasama dengan TELKOM DBS

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.