IndiBuilding, Cara Telkom Wujudkan Smart Building

16:32:36 | 14 Feb 2015
IndiBuilding, Cara Telkom Wujudkan Smart Building
Seremoni modernisasi jaringan Telkom (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Pembangunan gedung-gedung ataupun hunian vertikal diyakini akan mengalami booming hingga beberapa tahun kedepan.

Peluang ini turut ditangkap oleh Telkommelalui Divisi Business Service (DBS) dengan meluncurkan berbagai program yang berkaitan dengan Building Development tersebut. Salah satunya adalah program yang diberi nama Indonesia Digital Building (IndiBuilding).

“Tahun ini, DBS meluncurkan 16 IndiSeries dimana program-program tersebut menjadi flagship untuk memudahkan mapping solusi layanan terhadap market yang ada. Nah, salah satunya adalah IndiBuilding yang pada tahun 2015 ini kami yakini pasarnya sangat besar,” ungkap Direktur Enterprise and Business Service Telkom Muhammad Awaluddin kemarin.

Menurutnya,  pembangunan gedung-gedung, apartment, pertokoan, mall ataupun hotel yang saat ini sedang marak pasti membutuhkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) didalamnya.

“Gedung-gedung tidak lagi hanya mengandalkan fasilitas connectivity jaringan akses POTS dan Internet, tetapi membutuhkan solusi yang lebih,” ungkapnya.

Dijelaskannya, ada beberapa jenis solusi layanan yang ditawarkan Telkom kepada developer untuk digitalisasi gedung agar terwujud Smart Building yakni ; Basic Service Solution yang mencakup layanan dasar seperti FTTx, Triple Play, akses Telkomsel dan wifi.id.

Advance Service Solution yang mencakup produk-produk iPPBX, CCTV, Panic Button, Access Control dan Digital Signage.
Terakhir, Customize Service Solution yang menawarkan Fire Alarm, Smoke Detector, Sound System dan Building Automation System.

“Kami menawarkan Konsep Gedung Pintar yang lebih komprehensif. Pengembang bisa memilih sesuai dengan kebutuhannya. Termasuk pengadaan perangkat kerasnya, dapat kami layani dengan menggandeng anak perusahaan  yang selama ini banyak bergerak di bidang Customer Premises Equipment (CPE) dan network building, yakni PT Pramindo Ikat Nusantara maupun Telkom Akses,” jelas Awaluddin.

“Harapannya, IndiBuilding  ini dapat membantu mensolusikan akan kebutuhan TIK bagi Pengembang dan Pengelola Gedung, sehingga tingkat efisiensi dan kenyamanan bagi penghuni dapat semakin tinggi,” pungkasnya.(id)

Artikel ini berkat kerjasama dengan TELKOM DBS

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.