Rekam Jejak Telkom Membesarkan Bisnis UKM

500250, Telkom Call Center untuk Pasar UKM

15:29:10 | 13 Feb 2015
500250, Telkom Call Center untuk Pasar UKM
Aktivitas Seremoni Telkom DBS (Dok)

JAKARTA (IndoTelko) - Satu hal yang sangat penting dalam pengelolaan layanan pelanggan bisnis, bukan hanya penyediaan produk yang terbaik dan  tim lapangan yang unggul, namun tak kalah pentingnya adalah  kemudahan akses bagi pelaku bisnis menghubungi Telkom  melalui Call Center.

Seiring dengan pembentukan Divisi Business Service (DBS) dimana Telkom ingin masuk ke pasar pelaku  Usaha Kecil dan  Menengah (UKM), pada 11 Januari 2010 operator pelat merah ini mengembangkan sebuah layanan Call Center khusus untuk pelanggan bisnis tersebut.

Menempati fasilitas di gedung CitiWalk dengan menggandeng PT Infomedia Nusantara (Infomedia), Call Center ini diberi nama layanaan Tele Account Mangement (TAM) dengan nomor akses khusus 500250.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom Muhammad Awaluddin menjelaskan  layanan  TAM merupakan aktivitas customer contact yang didesign untuk memudahkan pelanggan maupun calon pelanggan bisnis dalam menghubungi (in-bound) atau dihubungi (out-bound) oleh Telkom untuk proses registrasi product /services, komplain, up-dating data, maupun informasi product/service melalui beberapa aktivitas seperti out bound call , in bound call, Web in (e-Service), chatting, fax, dan direct-mail.

“Jadi, layanan TAM ini very complicated meskipun layanannya dalam bentuk voice,” ungkapnya, kemarin.

Dijelaskannya,  tujuan dibentuknya TAM ini untuk menjembatani kebutuhan pelanggan bisnis terhadap layanan yang telah ataupun akan dimiliki oleh pelanggan tersebut.

“Intinya layanan TAM bukan sekedar menerima komplain, tetapi lebih dari itu. Pelanggan bisnis dapat melakukan konsultasi produk dan solusi terkait TIK yang tepat buat kemajuan bisnis mereka,” katanya.

Direktur Utama Infomedia Nusantara, Joni Santoso menambahkan layanan TAM beroperasi selama 24 Jam sehari selama 7 hari seminggu.

“Kami non-stop melayani pelanggan bisnis. Seluruh agen-agen yang bertugas sangat berkompeten. Terbukti sejak 2013, beberapa agen TAM berhasil menggondol piala di ajang Contact Center Award, baik tingkat Regional Asia Pasifik di Singapura hingga ajang World Contact Center yang rutin diadakan di Las Vegas,” ungkapnya.  

Pada akhir tahun 2014, TAM terus berinovasi, layanannya bukan lagi semata-mata Call Center, namun telah ditambahkan menjadi Digital Marketing Center. Aktifitas Social Media yang terkait dengan Telkom Solution dilakukan oleh TAM.

“Kelak, TAM akan berubah menjadi layanan contact center yang terintegrasi secara voice dan digital,” pungkas Awaluddin.(id)

Artikel ini berkat kerjasama dengan TELKOM DBS

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.