Rekam Jejak Telkom Membesarkan Bisnis UKM

Telkom Lakukan Digitalisasi Klinik Kesehatan dengan IndiHealth

14:25:42 | 12 Feb 2015
Telkom Lakukan Digitalisasi Klinik Kesehatan dengan IndiHealth
Muhammad Awaluddin (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Aksi Divisi Business Service (DBS) dari Telkom menggarap pasar Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tak  hanya sebatas dari sektor  perdagangan.

Pasar kesehatan, khususnya Rumah Sakit (RS) skala kecil atau Klinik yang saat ini sedang tumbuh berkembang juga ikut disasar solusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) milik operator pelat merah ini.  

“Kami luncurkan program Indonesia Digital Health (IndiHealth) karena melihat perkembangan layanan Klinik yang kian beragam. Ini tentu menuntut pemanfaatan TIK guna meningkatkan layanan jika ingin tetap eksis dan semakin maju,” kata Direktur Enterprise and Business Services Telkom Muhammad Awaluddin, kemarin.

Dijelaskannya, perseroan menyediakan Device-Network-Apps (DNA) untuk suksesnya program IndiHealth tersebut, mengingat ke depan bisnis Klinik atau RS skala kecil akan tumbuh dan semakin dibutuhkan oleh masyarakat.

Dipaparkannya, sejak 2013 program IndiHealth telah diimplementasikan beberapa klinik dengan memanfaatkan solusi layanan di sisi perangkat (Device) berupa telephony System/PABX, Data LAN System, CCTV System, Nurse Call System.

Berikutnya, jaringan atau network  berupa Astinet, dan POTS. Sedangkan aplikasi  berupa Sistem Informasi Rumah Sakit/Klinik.

Program IndiHealth didukung penuh oleh anak perusahaan, Ad-Medika yang kompetensinya spesialis di sektor kesehatan, sehingga Pengelola RS ataupun Klinik tidak perlu ragu untuk menikmati solusi IndiHealth tersebut.

“Bahkan solusi yang ditawarkan bukan semata-mata terkait dengan kesehatan, tetapi kami juga siap memberikan layanan tambahan seperti U-SeeTV yang dapat dimanfaatkan di ruang tunggu pasien dan lain-lainnya, ” tambahnya.

Lebih lanjut  dikatakannnya, program IndiHealth saat ini tidak hanya menyasar bisnis Klinik, namun telah berkembang menyasar ekosistem kesehatan.

Salah satu pengembangan dari program IndiHealth ini adalah e-Apotik. Aplikasi yang ditujukan untuk memberikan solusi TIK kepada Apotik.

“Saat ini kami juga tengah menjajaki kerjasama dengan Ikatan Apotik Indonesia untuk bersama-sama mengembangkan aplikasi guna kemudahan pengelolaan Apotik di seluruh Indonesia,” pungkasnya.(id)

Artikel ini berkat kerjasama dengan TELKOM DBS

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.