Petualangan Telkom di Dunia Pendidikan

Digitalisasi Sekolah di Pulau Terluar dengan Telkom Indischool Merah Putih

14:15:36 | 10 Feb 2015
Digitalisasi Sekolah di Pulau Terluar dengan Telkom Indischool Merah Putih
Peta sebaran program Indischool Merah Putih (Dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Tak hanya ingin menggelar 100 ribu titik hotspot di sekolah-sekolah yang berada di perkotaan, Telkom melalui program Indonesia Digital School (IndiSchool) Merah Putih , juga  tetap memperhatikan kualitas pendidikan untuk Sekolah di Pulau Terluar maupun Terpencil.

Program ini bagian dari program Telkom Indonesia untuk Indonesia dalam bidang pendidikan, khususnya untuk menjangkau pulau terluar dan daerah terpencil di Indonesia.

“IndiSchool Merah Putih bertujuan untuk membangun Indonesia cerdas melalui pemerataan fasilitas pendidikan terutama dengan penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses belajar mengajar. Harapannya agar daerah terpencil pun dapat menikmati fasilitas belajar dan mengakses sumber ilmu pengetahuan yang sama dengan sekolah-sekolah di kota besar yang ada di Indonesia,” ungkap Direktur Enterprise and Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, kemarin.

Diungkapkannya, hingga Desember  2014, perseroan berhasil menjangkau 28  sekolah di pulau terluar/daerah terpencil.

Pada program Indischool Merah Putih sekolah mendapatkan fasilitas yang sama dengan sekolah-sekolah di perkotaan. Perbedaannya adalah dari sisi penarikan jaringan, mengingat lokasi Pulau Terluar dan Terpencil terdapat kendala akses fisik sehingga menggunakan akses VSAT atau via satelit untuk menjamin akses internet tetap terlayani.

Daerah-daerah yang telah terjangkau seperti Pulau Alor (NTT), Pulau Enggano (Sumatera), Pulau Pramuka (Kep. Seribu), Desa Mekarwangi (Jawa Barat), Pulau Karimun Jawa (Jawa Tengah), Pulau Sapekan (Madura – Jawa Timur) dan Pulau Sebatik (Kalimantan Utara), Pulau Selayar (Sul-Sel), Pulau Sabang, Bengkalis, Pulau Bawean, Gunung Kidul, Seruyan, Sambas dan Merauke.

“Diharapkan para siswa yang berada di Pulau Terluar maupun terpencil tetap dapat membuka cakrawala dunia pengetahuannya sekaligus mencerahkan masa depan Indonesia karena memiliki generasi penerus yang siap menggenggam dunia melalui ilmu pengetahuannya,” jelasnya.

EGM Telkom Divisi Business Service (DBS) Yusron Hariyadi  menambahkan IndiSchool Merah Putih juga akan bermanfaat  ke seluruh aspek kehidupan  baik ekonomi, keamanan, dan sosial budaya. “Ini sumbangsih kami sebagai flag carrier di industri telekomunikasi,” pungkasnya.(id)

Artikel ini berkat kerjasama dengan TELKOM DBS

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.