Aksi Telkom Membangun TIK Pemerintahan

Telkom Perpuseru Bikin Membaca menjadi Seru

15:18:24 | 06 Feb 2015
Telkom Perpuseru Bikin Membaca menjadi Seru
Seremoni Perpuseru (Dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Berangkat dari semangat untuk meningkatkan kompetensi masyarakat melalui Perpustakaan Daerah, Telkom dan Coca-Cola Foundation Indonesi (CCFI)  menandatangani kerjasama untuk mendukung program pengembangan Perpustakaan Daerah berbasis Information & Communications Technolgy (ICT) yang dinamakan PerpuSeru.

Melalui kolaborasi ini, Telkom akan mendukung program PerpuSeru dalam bentuk penyediaan perangkat komputer, penyediaan akses Wi-Fi menggunakan jaringan fiber optic dengan bandwidth akses hingga 10 Mbps, serta berbagai aplikasi pendukung pengembangan kompetensi bagi para pengguna perpustakaan.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin mengungkapkan alasan dijalankannya program Perpuseru  karena menginginkan pengembangan Perpustakaan Daerah tidak hanya mencakup sarana fisik maupun penyediaan buku-buku, namun dukungan ICT menjadi hal yang mutlak.

“Bentuk kolaborasi ini juga tidak hanya tebatas pada bentuk penyediaan akses Wi-Fi, namun juga dalam bentuk kemitraan berupa co-branding guna semakin menyemarakkan program PerpuSeru,” katanya, kemarin.

Program PerpuSeru sendiri pertama kali diperkenalkan pada bulan Oktober 2011 sebagai bentuk kemitraan antara CCFI dan Bill & Melinda Gates foundation dalam program pengembangan perpustakaan yang difokuskan pada penyediaan akses perangkat teknologi, pelatihan pengurus, serta advokasi bagi perpustakaan umum di tingkat Kabupaten di seluruh Indonesia.

Ketua Pelaksana Coca-Cola Foundation Indonesia Titie Sadarini menambahkan PerpuSeru memasuki fase berikutnya dimana didorong terciptanya kemitraan strategis, baik dengan pemerintah pusat dan daerah maupun pihak swasta dalam hal ini Telkom.

“Tujuan PerpuSeru adalah menjadikan perpustakaan menjadi lebih kuat, kreatif serta mandiri dan tanpa didukung dengan kemitraan yang kuat, maka hal ini pasti akan sulit terwujud. Karena itu, kami menyambut baik kerjasama yang terjalin hari ini,” katanya.

Di fase pertama, Program PerpuSeru telah menjadi mitra bagi 34 perpustakaan tingkat kabupaten dan kini siap memasuki fase kedua dan akan mengembangkan kemitraannya hingga ke 76 perpustakaan desa di 19 kabupaten di 12 provinsi.

Telkom melalui layanan akses broadband dan penyediaan akses wi-fi yang tersebar di seluruh Indonesia, akan membantu memenuhi kebutuhan para Perpustakaan Daerah, khususnya yang tergabung sebagai mitra PerpuSeru di bawah binaan CCFI, sebagai perpustakaan yang seru, yang berbasis ICT.

Salah satunya adalah dengan mengadopsi Program IndiSchool yang telah diinisiasi Telkom sejak akhir 2013 sebagai sebuah solusi bagi pengembangan PerpuSeru tersebut, dimana ada kesamaan dalam hal target penggunanya.

Pada tahap pertama, Telkom telah menyediakan akses wi-fi pada 3 (tiga) lokasi PerpuSeru (Sukabumi, Pamekasan, Lubuk-linggau) serta 4 (empat) lokasi lainnya yang masih dalam tahap proses survey (Jepara, Tabalong, Wonosobo dan Sragen) dari 34 lokasi pada fase pertama dalam program yang ditetapkan CCFI.

Untuk selanjutnya, Telkom akan memenuhi seluruh titik pada fase pertama tersebut, dilanjutkan program PerpuSeru fase kedua yang akan mengembangkan kemitraannya hingga ke 70 perpustakaan desa dan 6 Taman bacaan masyarakat di 19 kabupaten/Kota di 12 provinsi.

“Program PerpuSeru telah membawa dampak positif terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat khususnya perempuan, pemuda, dan pengusaha Mikro, diantaranya adalah terciptanya lapangan kerja, serta ketrampilan life skill. Dalam pelaksanaannya, Program PerpuSeru akan terus dikembangkan hingga dapat merangkul sebanyak mungkin mitra perpustakaan ditingkat Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia,”pungkas Awaluddin.(id)

Artikel ini berkat kerjasama dengan TELKOM DBS

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.