Aksi Telkom Membangun TIK Pemerintahan

Digitalisasi Kelurahan ala Telkom

13:50:26 | 01 Feb 2015
Digitalisasi Kelurahan ala Telkom
Ilustrasi (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) jelang tutup 2013 meluncurkan salah satu inovasi layanan yang berkaitan dengan digitalisasi pemerintahan pada tingkat kelurahan, yakni implementasi Aplikasi e-Kelurahan pertama di Indonesia.

Impementasi Aplikasi e-Kelurahan ini bekerjasama dengan Pemkot Bandung, sebagai bagian dukungan program Bandung Juara!

Peluncuran aplikasi e-Kelurahan tersebut dilakukan di Kantor Kelurahan Sadangserang Kecamatan Coblong – Kota Bandung. Kala itu, Walikota Bandung bersama Ridwan Kamil bersama Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin melakukan Kick Off Pilot Project Implementasi Aplikasi e-Kelurahan menuju Bandung Juara.

“Hingga kini, aplikasi e-Kelurahan telah diimplementasikan dibeberapa Kelurahan se-Bandung Raya, dari target kelak akan digelar di seluruh 151 kelurahan yang tersebar di 30 Kecamatan di Kota Bandung,” ungkap Awaluddin, kemarin.

Dijelaskannya, tujuan implementasi e-Kelurahan adalah untuk peningkatan kegiatan pemerintahan di tingkat kelurahan agar lebih efektif dan efisien, Pemberdayaan masyarakat lebih aktif, Dokumen & data kelurahan tertata dengan baik serta informasi aktifitas kelurahan akan lebih transparan.

Menurutnya, aplikasi e-Kelurahan adalah aplikasi untuk proses otomatisasi operasional dan administrasi kelurahan seperti pembuatan surat keterangan, pendataan penduduk, potensi daerah, layanan administrasi dan arsip sehingga pelayanan menjadi akurat, cepat, mudah dan murah.

Sistem Informasi e-Kelurahan memanfaatkan penyimpanan data berbasis Cloud Computing   dengan dukungan penuh akses internet speedy dan @wifi.id.

Aplikasi e-Kelurahan sendiri memiliki beragam feature diantaranya; Dashboard & chart, Layanan mandiri, Search engine Laporan, Profile daerah, Alur kerja & kolaborasi, Alert/reminder system, Arsip, Template dokumen, Pusat data, Kinerja pelayanan dan info Potensi daerah.

Tetap geber
Lebih lanjut Awaluddin mengatakan melalui Divisi Business Service (DBS) yang menangani langsung padar pemerintahan Kota/Kabupaten, tidak tinggal diam sejak pencananangan program Indonesia Digital Government (IndiGov) pada medio 2013.

IndiGov  merupakan salah satu bagian dari Program besar Indonesia Digital Society (IndiSo). Target utama program IndiGov adalah memastikan infrastruktur, layanan dan aplikasi ICT yang berkaitan dengan aspek pemerintahan kota/kabupaten dapat terlayani secara maksimal.

Pada tahun 2015 ini, DBS mencanangkan penyediaan akses broadband kepada 501 Pemkot/Pemkab se-Indonesia. Dimana secara bertahap, Telkom akan membangun dan memberi solusi kebutuhan Pemkot/Pemkab terhadap ICT.(id)

Artikel ini berkat kerjasama dengan TELKOM DBS

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.