Rekam Jejak Telkom Membesarkan Bisnis UKM

Modernisasi UKM dengan Aplikasi BosToko

10:48:53 | 27 Jan 2015
Modernisasi UKM dengan Aplikasi BosToko
Peluncuran BosToko (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Ditengah berbagai kendala dan tantangan seperti permodalan, akses pasar, strategi marketing, sistem ICT dan lain-lain yang menggelayuti,  pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM), tetap mampu menunjukkan eksistensinya.

Bahkan, beberapa pelaku UKM juga telah berhasil bertransformasi dalam menjalankan bisnisnya. Transformasi dengan menggunakan layanan Teknolog Informasi dan Komunikasi (TIK) yang tepat, mampu membuat UKM melebarkan pasar serta menumbuhkan bisnisnya.

Mendukung hal tersebut, Telkom melalui Divisi Business Service (DBS) telah menyediakan berbagai layanan aplikasi dan akses (konektifitas) khusus dalam rangka pengembangan UKM.

Ada tiga hal mendasar alasan transformasi penggunaan TIK bagi pelaku UKM menjadi penting. Pertama, pelaku UKM akan semakin Inovatif. Modernisasi melalui TIK, akan menciptakan peluang-peluang infovasi baru dari sisi produk bagi pelaku UKM sehingga otomatis UKM akan semakin produktif.

Kedua, pelaku UKM akan semakin efisien dan efektif dalam pengelolaan bisnisnya. Sekadar contoh sederhana, pelaku UKM dapat melakukan monitoring transaksi bisnisnya dimanapun dia berada dan kapanpun, real-time 24 jam.

Manfaat ketiga, pelaku UKM akan semakin kreatif. Contoh sederhana, dengan TIK pelaku UKM tidak perlu khawatir lagi dalam melakukan promosi dan komunikasi kepada pelanggannya, dengan memanfaatkan social-media pelaku UKM dapat menjangkau pasar global.

Salah satu bentuk kongkrit dari tiga filosofi itu adalah penyediaan aplikasi e-POS yang diberi nama Bisa Online untuk Semua Toko (BosToko) dari Telkom DBS.

BosToko sendiri diluncurkan sejak awal tahun 2013 dengan pilot project UKM di Bandung, dan hingga kini 10 ribuan toko telah terdaftar secara nasional.

“Keberhasilan untuk memasarkan lebih dari seribu titik BosToko ini semakin menambah kepercayaan diri kami untuk semakin serius melayani pasar UKM ini,” ungkap Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, kemarin.

Diungkapkannya,  untuk kegiatan big-campaign, BOSTOKO telah menerima Rekor MURI “Jumlah Pemasaran e-POS Terbanyak dalam sehari” atas keberhasilan mendapatkan 5.012 User Registered pada akhir 2013, yang diserahkan langsung oleh Founder MURI, Jaya Suprana.

“Acara penciptaan Rekor MURI ini dimanfaatkan oleh Telkom sebagai sarana big-campaign untuk lebih memperkenalkan layanan BosToko kepada seluruh pasar UKM se-Indonesia. Kami berharap seluruh pelaku UKM, khususnya yang bergerak dalam sektor retail untuk memanfaatkan aplikasi BosToko ini, demi kemajuan bisnisnya,” jelasnya.

BosToko mengusung konsep Mudah, Murah dan Manfaat. Mudah karena bagi pelaku UKM tidak perlu investasi server lagi. Data Server disediakan oleh Telkom melalui teknologi cloud.

Telkom memberi kemudahan dengan bundling software dengan akses konektifitas. Penggunaan pun sangat mudah. Berbagai menu disediakan pada BosToko tersebut, mulai dari penjualan, pembelian, point of sales, keuangan, persediaan hingga komunikasi bisnis.

Selanjutnya, Murah, karena Telkom menawarkan biaya per-transaksi. Cukup Rp. 100 per-transaksi dengan maksimal biaya Rp. 300.000,- per-bulan. Terakhir Manfaat, dengan segala keunggulan yang ditawarkan aplikasi BosToko pasti akan sangat bermanfaat bagi pengembangan bisnis pelaku UKM.(id)

Artikel ini berkat kerjasama dengan TELKOM DBS

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.