Rekam Jejak Telkom Membesarkan Bisnis UKM

Telkom Shopbox Bikin UKM Makin Hebat

14:47:45 | 25 Jan 2015
Telkom Shopbox Bikin UKM Makin Hebat
Ilustrasi (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Jangan berhenti di satu titik. Inilah prinsip dari Divisi Business Services (DBS) Telkom dalam mengembangkan produk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pelaku bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

“Tahun 2013 kita kick off program Indonesia Digital Entrepreneur (IndiPreneur) dan telah  meluncurkan beragam produk. Tetapi kami tak pernah puas, kita belajar dari pasar, dan terus memperbaiki layanan,” ungkap Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, kemarin.

Diungkapkannya, Telkom DBS telah meluncurkan paket SME Indonesia Bisa di 100 sentra industri, portal/web-site registrasi UKM www.smartbisnis.co.id, aplikasi khusus e-POS (Point of Sales) yang diberi nama Bostoko hingga aplikasi CRM khusus untuk UKM berbasis mobile yakni Zapa.

“Kami lihat itu belum cukup. Tempat belajar paling baik itu adalah pasar. Desember 2014 kami luncurkan produk  Shopbox,” katanya.

Shopbox  sebuah produk dan layanan yang dimaksudkan untuk lebih memudahkan pelaku bisnis UKM menikmati konektivitas dan aplikasi Bostoko sekaligus Registrasi smartbisnis dan layanan lainnya secara terintegrasi. Seluruh layanan tersebut tersedia dalam satu boks/kotak, dimana dengan sekali bayar maka pelaku UKM langsung mendapatkan semuanya.

Selain kemudahan, Telkom juga menawarkan harga yang terjangkau bagi pelaku UKM. Sebagai contoh, paket akses internet 1 MBps plus aplikasi dan layanan lainnya cukup Rp. 200.000/bulan.

Telkom juga menyediakan berbagai akses/channel bagi UKM untuk berinteraksi langsung dengan Telkom, baik melalui visiting/diskusi langsung, telepon 500250 atau digital/social media.

“Agresifits Telkom untuk pasar UKM bagian dari mengembangkan UKM Indonesia menjadi UKM Hebat, UKM yang maju dan mandiri,” katanya.

Pada tahap pertama, Shopbox hanya melayani sentra UKM, seperti Kemang Food Garden dan Pasar Santa dengan target 100 paket produk. Selanjutnya dicanangkan  20.000 paket produk selama tahun 2015. Telkom mengalokasikan investasi sebesar Rp 4 miliar untuk pengembangan layanan Shopbox.(id)

Artikel ini berkat kerjasama dengan TELKOM DBS

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.