Rekam Jejak Telkom Membesarkan Bisnis UKM

Zapa, Cara Telkom Menyapa UKM

13:38:18 | 24 Jan 2015
Zapa, Cara Telkom Menyapa UKM
Peluncuran Aplikasi Zapa (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Terinspirasi atas kunjungan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg beberapa waktu lalu, dimana miliarder muda itu menyempatkan blusukan bersama Presiden Indonesia Joko Widodo ke Tanah Abang.

Telkom meluncurkan sebuah aplikasi CRM Mobile khusus buat pelaku Usaha Kecil dan menengah (UKM) di Indonesia pada bulan Oktober 2014.

Peluncuran Aplikasi CRM Mobile tersebut masih merupakan rangkaian dari pengembangan program Indonesia Digital Entrepreneur (IndiPreneur).

Operator pelat merah ini menyadari pasar pengguna social media di Indonesia sangat besar. Serta fakta bahwa selama ini, beberapa pelaku UKM sendiri telah memanfaatkan Social media FB atau Twitter untuk mempromosikan produknya.

“Secara prinsip, Telkom siap mendukung dan mewujudkan visi pemerintahan Jokowi-JK dalam hal pengembangan UKM Indonesia menjadi lebih hebat,” papar Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, kemarin.

Dikatakannya, dari data yang ada, 65,7% pelaku UKM menggunakan mobile phone dalam mengakses social media maupun bertransaksi.

Peluncuran Mobile Apps yang dipersembahkan khusus untuk UKM Indonesia ini merupakan sebuah inovasi yang cukup menarik.  Aplikasi yang pada mulanya hanya tersedia di OS Android, kini telah dapat dinikmati pada iOS. Pelaku UKM dapat mendown-load secara free di gadgetnya sehingga dapat menikmati dimanapun dan kapanpun.

SO-LO-MO
Lebih lanjut dijelaskannya, konsep yang digunakan mengembangkan aplikasi adalah SO-LO-MO yakni SOcial-media, dimana kekuatan sosmed sebagai sarana promosi dan komunikasi pelaku UKM dengan pasarnya.

Sosmed ini pula yang menjadi salah satu akses masuk ke aplikasi yang dikembangkan oleh Telkom. Pelaku UKM cukup memiliki satu akun sosmed, maka otomatis dapat menjadi pengguna Mobile Apps yang dikembangkan Telkom.

Faktor berikutnya adalah LOcalize. Pelaku UKM sangat kental dengan pasar lokal. Kekuatan pendekatan lokal ini yang turut menjadi dasar Telkom dalam mengembangkan aplikasi ini. Telkom akan melakukan kastemisasi aplikasi sesuai dengan kondisi area.

Terakhir, faktor Mobile, ini berdasarkan data bahwa 95% masyarakat melakukan akses pencarian barang melalui mobile-phone dan 57% yang menggunakan mobile-phone untuk melakukan pembelian.

Secara fungsi, Mobile Apps untuk UKM ini  menyediakan layanan Product Information, Informasi Billing, Tracking Proses Order, Directory Event UKM, Near Me (info lokasi terdekat), Live Chat dan layanan complain.

Aplikasi ini menjadikan pelaku UKM dapat menikmati langsung kemudahan layanan ICT dari Telkom, dukungan proses bisnis, aktifitas dan berbagai mekanisme pendukung operasional masing-masing bisnis UKM dengan adanya menu event untuk UKM, serta peningkatan peluang pasar bagi UKM dengan adanya fasilitas UKM Directory dan berbagai Tips Sukses berbisnis.

Pelaku UKM diberi kemudahan untuk menghubungi Telkom terdekat dimana dia berada dengan menu Near Me. Lalu pelaku UKM dapat memperoleh informasi-informasi terkait event yang sedang dan akan berlangsung sehingga pelaku UKM dapat mendapatkan akses langsung ataupun terlibat pada event tersebut.

“Yang pasti, UKM akan menjadi komunitas sendiri dan dapat sharing antar sesame UKM. Ini yang akan menjadi salah satu point benefit dari layanan Mobile Apps ini,” terang Awaluddin.

Telkom menargetkan satu juta UKM akan tergabung dan terhubung dengan berbagai aplikasi yang telah dikembangkan selama ini pada tahun 2015.

“Kami ingin mendorong dan memfasilitasi pelaku UKM yang selama ini –mungkin- sudah atau masih dalam tahap mencoba memanfaatkan layanan Internet, benar-benar merasakan peningkatan dalam bisnisnya.  Menuju UKM yang mandiri dan semakin maju tentunya,” pungkasnya.(id)

Artikel ini berkat kerjasama dengan TELKOM DBS

Baca Juga:
More Stories
 
Muhammad Awaluddin
Rubrik ini diasuh oleh Chairman of Indonesia Digital Society Forum (IDSF) yang juga Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015, Muhammad Awaluddin.

Awaluddin juga penulis Buku Digital EntreprenuerShift dan Digital ChampionShift.

Pembaca bisa bertanya seputar cara mengelola bisnis dan solusi-solusi Teknologi Informasi untuk transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.id

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui sub kanal ini dari setiap pertanyaan yang masuk.

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi di email.

 
Digital Talk

Rubrik Digital Talk dipersembahkan oleh Indosat dan Ooredoo untuk berbagi pengetahuan tentang mengembangkan serta membangun usaha berbasis teknologi informasi bagi pelaku bisnis di Indonesia.