telkomsel halo

NTT DATA Singapura dan EVe wujudkan ekosistem kendaraan listrik berkelanjutan

06:20:14 | 02 Nov 2023
NTT DATA Singapura dan EVe wujudkan ekosistem kendaraan listrik berkelanjutan
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - NTT DATA Singapore (NTT DATA), inovator global terpercaya dalam layanan IT dan bisnis, telah mengumumkan kemitraan strategis dengan penyedia ekosistem kendaraan listrik (EV) yaitu EV-Electric Charging Pte Ltd. (EVe), anak perusahaan Land Transport Authority (LTA). NTT DATA akan menyediakan Platform Data inovatif yang akan memperkuat misi EVe untuk mendirikan jaringan nasional Titik Pengisian Kendaraan Listrik (Electric Vehicle Charging Points/EVCP) di Singapura dan meningkatkan infrastruktur listrik pendukungnya.

Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman pengisian daya kendaraan listrik tanpa hambatan dan menghasilkan wawasan yang dapat dimanfaatkan untuk lanskap kendaraan listrik yang tengah berkembang pesat. NTT DATA hadir sebagai mitra yang ideal, memenangi tender melalui proposal dan rekam jejak kesuksesan di bidang kendaraan listrik secara global.

Menurut Chief Digital Assets Officer NTT DATA, Inc., Noriyuki Kaya, pihaknya sangat senang dapat berkolaborasi dengan EV-Electric Charging Pte. Ltd. (EVe) dalam rangka menyediakan jaringan pengisian kendaraan listrik skala nasional yang didukung oleh E-Mobility Data Platform yang terdepan di industri ini. "Sebagai mitra yang mendorong transformasi lanskap kendaraan listrik yang berkembang pesat di Singapura dan secara global, Next Mobility Business Suite dari NTT DATA Group menyediakan kemampuan penggabungan data dan analitik tingkat lanjut untuk mengurangi ketidakefisienan operasional, meningkatkan pengalaman pengguna dengan wawasan yang berfokus pada pendapatan, dan pada akhirnya berkontribusi pada Misi Keberlanjutan Terpadu kami," katanya.

EVe akan memasang pengisi daya kendaraan listrik di hampir 2.000 tempat parkir Housing and Development Board (HDB) di Singapura pada tahun 2025. Menyadari pentingnya wawasan berbasis data untuk mengoptimalkan jaringan pengisian daya kendaraan listrik, EVe telah memilih E-Mobility Data Platform, sebuah komponen penting dari NTT DATA Next Mobility Business Suite (NXT2). Platform ini akan mengumpulkan informasi dari EV Charging Operator (EVCO), menganalisis data, dan menghasilkan wawasan yang berfokus pada pendapatan.

Sementara, Head of Global Industry NTT DATA Corporation, Sai Sekar mengatakan, keterlibatan ini penting bagi NTT DATA Group karena ini adalah contoh nyata bagaimana kami dapat menggabungkan kemampuan NTT DATA termasuk kemampuan industri yang mendalam dan pengalaman dari Eropa, wilayah regional & keahlian pengiriman untuk EV-Electric Charging Pte. Ltd. "Hal ini akan dipercepat dalam beberapa bulan mendatang, untuk meningkatkan inovasi & digitalisasi di kawasan Asia Pasifik," jelasnya.

Kemitraan ini memungkinkan EVe untuk memanfaatkan solusi inovatif tersebut dalam meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan pengalaman pengguna, dan berkontribusi pada upaya keberlanjutan.

CEO EVe, Derek Tan mengungkapkan rasa senangnya bekerjasama dengan NTT untuk melaksanakan proyek pionir ini. EVe bertujuan untuk mengoptimalkan perjalanan semua pengendara kendaraan listrik, terutama warga HDB. "Dengan proyek ini, EVe dapat memanfaatkan wawasan data real-time di 2.000 tempat parkir HDB, memudahkan kami untuk meningkatkan pengalaman pengguna, dan membuat pengisian daya listrik yang dapat diakses di mana saja, serta tersedia setiap hari, setiap saat," katanya.

Beberapa tujuan utama dari E-Mobility Data Platform mencakup, antara lain :

    Agregasi Data: Mengumpulkan data pemanfaatan pengisian daya kendaraan listrik secara real-time, termasuk pola penggunaan, ketersediaan tempat pengisian daya, dan konsumsi daya, sehingga memungkinkan pemantauan dan pengelolaan jaringan yang efektif.

    Peningkatan Pengalaman Pengguna: desain UX/UI yang intuitif dan mulus untuk navigasi yang lebih mudah dan meningkatkan kepuasan pengguna.

    Wawasan Keberlanjutan: Dengan menyediakan data tentang konsumsi energi dan pengurangan emisi, platform ini mengukur dan mengomunikasikan dampak lingkungan EVe, yang selaras dengan tujuan keberlanjutan.

    Skalabilitas: Dirancang untuk mengakomodasi jaringan EVe yang terus berkembang dengan mulus, platform ini tetap efektif saat perusahaan terus menambah infrastruktur pengisian daya.

NXT E-Mobility Data Platform (NXT-EDP) milik NTT DATA akan meningkatkan kemampuan kecerdasan bisnis, analisis data, dan penyimpanan data. Langkah strategis ini sejalan dengan komitmen NTT DATA untuk mempelajari teknologi-teknologi mutakhir dan berkolaborasi dengan klien dalam proyek-proyek penelitian dan pengembangan bersama.

Sedangkan, Managing Director NTT DATA Singapore, Krishnappan Ramanathan mengatakan, NTT DATA Singapore sangat bangga dengan pencapaian bersejarah ini, dan pengalaman kami yang luas dalam mengelola proyek mobil listrik yang kompleks di seluruh dunia telah sesuai dengan kebutuhan EVe.

"Keahlian kami dalam analisis data memungkinkan kami untuk merancang solusi khusus yang tidak hanya memberikan nilai langsung, tetapi juga menawarkan skalabilitas dan kemampuan yang teruji. Hal ini selaras dengan visi EVe untuk menciptakan ekosistem kendaraan listrik yang dinamis dan berkelanjutan, serta kami sangat menantikan kolaborasi dan kemitraan dalam dalam mewujudkan adopsi kendaraan listrik secara nasional di Singapura," ujarnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year