telkomsel halo

Alibaba Cloud luncurkan Tongyi Qianwen 2.0

05:23:01 | 01 Nov 2023
Alibaba Cloud luncurkan Tongyi Qianwen 2.0
Foto : Ilustrasi
HANGZHOU, CINA (IndoTelko) - Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan kecerdasan buatan Alibaba Group, hari ini mengumumkan peluncuran Tongyi Qianwen 2.0, Large Language Model (LLM) terbarunya, bersama dengan model-model baru yang spesifik untuk industri pada Apsara Conference, acara teknologi utama tahunan Alibaba Cloud.

Peluncuran ini menandakan progresi signifikan Alibaba Cloud untuk mengejar inovasi AI yang mutakhir dan komitmennya yang terus berlanjut untuk mendorong transformasi digital dalam dunia usaha.

Menanggapi lonjakan permintaan akan infrastruktur yang kuat yang mendukung pengembangan AI generatif, Alibaba Cloud juga meluncurkan platform pelatihan model AI dan serangkaian layanan cloud yang inovatif. Inisiatif baru untuk mendukung komunitas developer model AI open-source dan startup AI global juga diluncurkan dalam Apsara Conference. Inisiatif ini dirancang untuk menjadi sumber daya yang memungkinkan para pelanggan, mitra, developer, startup, dan komunitas yang lebih luas, untuk memanfaatkan potensi AI generatif dengan maksimal.

Dikatakan Chairman of Alibaba Group, Joe Tsai, saat ini, 80% dari perusahaan teknologi di Cina dan separuh dari perusahaan lain telah menggunakan Alibaba Cloud. "Kami ingin menjadi most open cloud di era AI ini. Kami berharap lewat produk-produk cloud ini, mengembangkan dan menggunakan AI menjadi lebih murah dan lebih terjangkau bagi semua orang, sehingga kami dapat mendukungkhususnya usaha kecil dan menengah, untuk memanfaatkan AI demi produktivitas yang tinggi,” ujarnya.

Tongyi Qianwen 2.0, sebuah LLM generic dengan ratusan miliar-parameter, menunjukkan peningkatan signifikan dari pendahulunya yang diluncurkan pada bulan April 2023. Model ini berhasil melampaui beberapa LLM terkemuka di seluruh domain mulai dari pemahaman bahasa, pemecahan masalah aritmatika, hingga menjawab pertanyaan.

Dengan ukuran model yang diperluas dan teknik penyelarasan yang lebih baik, Tongyi Qianwen 2.0 menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam memahami instruksi yang rumit, merangkai teks, menalar, menghafal, dan mencegah halusinasi data. Model ini sekarang dapat diakses oleh publik melalui website dan aplikasi ponsel, dan tersedia untuk para developer melalui API.

Selain itu, Alibaba Cloud juga merilis LLM model-model baru khusus industri untuk membantu para pelaku usaha dalam membuka potensi transformatif dari AI generatif di berbagai sektor dalam rangka meningkatkan kinerja bisnis. Sektor-sektor ini meliputi layanan pelanggan, hukum, kesehatan, keuangan, manajemen dokumentasi, manajemen audio & video, pengembangan kode, dan penciptaan karakter.

Menurut CTO Alibaba Cloud Intelligence Group, Jingren Zhou, Large Language Models memiliki potensi yang sangat besar untuk merevolusi industri. "Kami berkomitmen untuk menggunakan teknologi mutakhir, termasuk AI generatif, untuk membantu para pelanggan kami meraih momentum pertumbuhan untuk ke depannya," katanya.

"Untuk membantu bisnis mendapatkan manfaat terbaik dari AI generatif dengan cara yang hemat biaya, kami meluncurkan model fondasi yang lebih kuat, serta model yang khusus diperuntukkan bagi industri untuk mengatasi tantangan yang domain-specific. Melalui produk-produk baru ini, kami berharap model milik kami dapat memberikan dampak nyata bagi para pelanggan kami untuk meningkatkan efisiensi operasi dan tetap kompetitif," tambahnya.

Untuk melayani permintaan yang terus meningkat akan AI generatif, Alibaba Cloud memperkenalkan GenAI Service Platform, sebuah platform pembuatan model AI all-in-one yang bertujuan untuk menyederhanakan pengembangan model dan proses pembuatan aplikasi. Platform ini menawarkan serangkaian perangkat yang komprehensif untuk manajemen data, penerapan dan valuasi model, serta pemrosesan teknis yang gegas, sehingga memudahkan perusahaan dari semua sektor untuk mengembangkan model AI skala enterprise.

Untuk mendukung peningkatan kebutuhan komputasi dan pemrosesan data yang diperlukan dalam pengembangan AI generatif, Alibaba Cloud telah meluncurkan serangkaian produk cloud inovatif di bidang machine learning, container, dan database.

    Untuk meningkatkan efisiensi pelatihan dan inferensi model LLM, Alibaba Cloud telah memperbarui Platform for Artificial Intelligence (PAI), yang menampilkan peningkatan dalam daya komputasi, jaringan, penyimpanan, komputasi, container, pelatihan model, dan kemampuan inferensi. Perusahaan teknologi AI dan metaverse, Futureverse, telah melatih model pembuatan text-to-music pada PAI dengan memanfaatkan kemampuannya yang berkinerja tinggi dan mudah diskalakan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

    Untuk mempercepat proses pembuatan aplikasi AI generatif yang disesuaikan dengan kebutuhan tertentu, Alibaba Cloud telah meningkatkan berbagai solusi database - termasuk cloud-native database PolarDB, gudang data cloud-native AnalyticDB, dan cloud-native database multi-model Lindorm - dengan mesin vektor miliknya. Alibaba Cloud juga telah memperkenalkan rangkaian perangkat ekosistem database yang didukung LLM, termasuk asisten analitik data yang cerdas, Data Management Service (DMS) Data Copilot.

    Untuk menciptakan infrastruktur cloud yang scalable dan efisien dalam pengembangan aplikasi, Alibaba Cloud meluncurkan Alibaba Cloud Container Compute Service (ACS), sebuah perintis solusi serverless yang mampu mengintegrasikan layanan container dengan sumber daya komputasi cloud-nya. ACS memungkinkan perusahaan dan developer untuk menggunakan sumber daya Kubernetes, sebuah software manajemen yang container-sentris, dengan cara yang lebih hemat biaya dan mudah digunakan.

Dalam upaya untuk mendukung komunitas AI yang lebih luas, Alibaba Cloud telah bertekad untuk berkontribusi lebih banyak pada komunitas open-source, termasuk ModelScope, komunitas AI yang diprakarsai oleh Alibaba Cloud yang telah mencapai lebih dari 100 juta unduhan model, sejak didirikan setahun yang lalu. Pelopor cloud ini berencana untuk membuka opensource versi 72 miliar parameter dari Tongyi Qianwen pada November 2023. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year