telkomsel halo

MyRepublic dan FiberHome luncurkan solusi FTTR komersial pertama

06:07:00 | 30 Jun 2023
MyRepublic dan FiberHome luncurkan solusi FTTR komersial pertama
JAKARTA (IndoTelko ) - MyRepublic dan Fiberhome telah sukses melakukan uji coba komersial pertamanya Fiber To the Room (FTTR) pada 24 Juni 2023 di pekayon, Bekasi. Dengan keberhasilan ini, MyRepublic akan menjadi Internet Service Provider pertama yang mengimplementasikan solusi FTTR di Indonesia. FTTR telah mendemonstrasikan Excellent Customer Experience dengan kemampuannya dalam penyediaan konektivitas broadband yang optimal untuk solusi rumah dan perkantoran.

CTO MyRepublic Hendra Gunawan mengungkapkan kepuasannya atas kinerja FTTR. Dengan Melihat prospek ke depan, FTTR akan berdampak transformatif dalam landscape broadband, dan menilai solusi ini sebagai katalis untuk inovasi digital yang diharapkan akan membentuk trend konektivitas terbaru, empowering individu dan bisnis melalui keunggulan dalam konektivitas Seamless Home Brodband.

Solusi FTTR adalah teknologi revolusioner untuk jaringan Smarthome yang menawarkan peningkatan kemampuan digital bagi jutaan konsumen Fiber to The Home (FTTH) di Indonesia. FTTR secara efektif menghilangkan tantangan yang membatasi kecepatan jaringan internet rumah dan mejadikan jaringan broadband menjadi lebih cepat & stabil dalam menghadapi transformasi dan inovasi teknologi yang terus berkembang.

Di era pandemi, jaringan broadband telah menjadi urat nadi masyarakat untuk mengakses service digital bagi keluarga di rumah. Dengan pesatnya perkembangan teknologi jaringan serat optik, layanan broadband di rumah tidak hanya digunakan untuk menikmati hiburan HD-video tetapi juga untuk memfasilitasi work from home, pembelajaran online untuk anak-anak dan penunjang untuk mengakses layanan internat sehari-hari menjadikan kebutuhan akan konektivitas internet kecepatan tinggi dan handal telah menjadi suatu faktor penting.

Inovasi teknologi FTTR adalah digunakannya jaringan kabel serat optik sebagai pengganti kabel tembaga data/ethernet. Dengan memanfaatkan FTTR, jangkauan kabel serat optik dapat dengan mudah untuk di perluas ke masing-masing ruangan, baik dengan memanfaatkan saluran conduit yang ada atau dengan memasang kabel serat optik transparan yang tidak mengganggu tampilan estetika rumah.

Jason Lin, Chief Technology Officer (CTO) FiberHome, mengatakan "Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan MyRepublic, FTTR adalah solusi innovative terbaru dari Fiberhome untuk menawarkan kepada customer digital life experience yang baru, yaitu suatu landasan untuk memberdayakan konektivitas jaringan kabel serat optik ke setiap kamar dan dengan dukungan teknologi Wi-Fi 6, Solusi ini akan memberikan jaminan konektivitas Internet yang sangat cepat dan stabil hingga 2 Gbps demi terciptanya kepuasan pelanggan untuk menikmati layanan hiburan digital dengan kualitas terbaik tanpa gangguan".

MyRepublic dan FiberHome luncurkan solusi FTTR komersial pertama

Lebih dekat dengan FTTR

Solusi FTTR akan memberikan pengalaman premium kepada pelanggan dengan menyediakan jaringan Full Gigabit Coverage, Seamless Wi-Fi roaming dan manajemen perangkat yang cerdas. Dengan jaringan Wi-Fi gigabit, setiap ruangan di rumah dapat dengan mudah dijangkau dengan koneksi yang stabil dan tidak terputus. Solusi ini terdiri dari gateway FTTR utama yang mendukung teknologi XGS-PON dan GPON di setiap sub-gateway, kabel serat optik transparan dan komponen assesoris optik pendukung lainnya.

Solusi FTTR menawarkan beberapa keunggulan, antara lain : Pertama, memberikan Full Coverage dengan pengelaran kabel serat optik ke setiap ruangan yang dilengkapi dengan teknologi Wi-Fi 6. Ini akan memastikan bahwa pengguna dapat menikmati konektivitas yang kuat dan stabil di seluruh rumah mereka.

Kedua, solusi FTTR menawarkan konektivitas seamless dan berperforma tinggi. Dengan latensi kurang dari 100ms, solusi ini menggunakan teknologi Smart Mesh yang memungkinkan implementasi satu jaringan untuk seluruh rumah. Hasilnya, pengguna dapat merasakan koneksi yang lancar tanpa gangguan atau terputus-putus.

Dengan penggunan kabel serat optik transparan yang bersifat non-korosif, sehingga tidak akan merusak atau mengikis bahan atau permukaan lain. Hal ini menjadikan FTTR sebagai solusi ramah lingkungan.

Solusi ini juga dilengkapi dengan platform IoT, sistem berbasis web untuk pemantauan operasi dan pemeliharaan. Solusi ini memungkinkan pemantauan real-time, memungkinkan operator atau pengguna dapat melacak dan mengelola jaringan secara efisien dan memastikan penyelesaian masalah atau gangguan dengan cepat.

MyRepublic dan FiberHome luncurkan solusi FTTR komersial pertama

Dengan berbagai kelebihannya, solusi FTTR ini akan menjadi suatu pilihan yang menarik bagi pengguna rumah maupun kantoran. Di era digital yang semakin terkoneksi, kebutuhan akan konektivitas yang cepat, stabil, dan luas menjadi semakin penting. Dengan solusi FTTR, pengguna dapat merasakan performa internet yang memuaskan dan menjalankan berbagai layanan digital dengan lancar.

Operator yang memanfaatkan teknologi FTTR diharapkan dapat membangun jaringan terpadu untuk rumah dan bisnis serta mengembangkan layanan broadband baru. Solusi ini menyediakan infrastruktur yang kuat dan andal untuk memenuhi permintaan konektivitas broadband yang terus meningkat.

Melalui kerjasama ini, diharapkan akan membantu customer MyRepublic untuk menikmati pengalaman berinternet dengan konkeitivistas yang berkualitas, cepat & terjamin kestabilannya. Solusi ini membuka peluang MyRepublic untuk bisa bertransformasi digital yang lebih luas dan memperluas akses ke layanan digital seperti streaming video, e-learning, dan penunjang work from home serta mendorong konektivitas broadband di Indonesia untuk terus dapat berkembang pesat sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat nyata dari kemajuan teknologi jaringan. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year