telkomsel halo

CPGC dan BASF sepakat terapkan OCCS

06:19:00 | 18 Jun 2024
CPGC dan BASF sepakat terapkan OCCS
Prosesi penandatanganan MOU (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - CSSC Power (Group) Corporation Limited (CPGC) akan melakukan instalasi Onboard Carbon Capture System (OCCS) yang canggih pada beberapa kapal pengangkut gas alam cair (Liquified Natural Gas/LNG) dan memanfaatkan teknologi OASE® Blue BASF. Untuk mencapai tujuan ini, kedua belah pihak menandatangani Perjanjian Kerja Sama mengenai penerapan OCCS di kapal pada Pameran Netralitas Karbon Internasional Shanghai 2024 dalam hal Teknologi, Produk, dan Prestasi (“Shanghai Carbon Neutrality Expo”, CNE).

OCCS dari CPGC bertujuan untuk mengarahkan transformasi rendah karbon dan mendorong pembangunan berkelanjutan di industri pelayaran. OASE® BLUE adalah teknologi pengolahan gas BASF yang dirancang untuk aplikasi penangkapan CO2 dalam gas buang, dengan konsumsi energi yang rendah, kehilangan pelarut yang rendah, dan jangkauan pengoperasian yang sangat fleksibel.

Penerapan pada kapal pengangkut sebenarnya menandai sejarah penting dalam kemitraan ini, yang dicapai setelah Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh kedua belah pihak di CNE pada tahun 2023 dan selesainya pengujian prototipe sistem. Saat ini, CPGC dan BASF sedang berupaya mengoptimalkan desain detail unit OCCS berdasarkan kondisi kapal sebenarnya, untuk mencapai aplikasi komersial pada berbagai jenis kapal. Selama setahun terakhir, CPGC dan BASF telah melakukan uji kinerja teknis pada prototipe sistem. Uji kinerja yang dijalankan telah divalidasi oleh lembaga klasifikasi kelautan, yang meliputi Biro Pengiriman Amerika, Bureau Veritas, dan Nippon Kaiji Kyokai.

Dikatakan General Manager of Environmental Protection Business Department, CPGC, Chen Haifeng, dipandu oleh tujuan pengurangan karbon global dan megatren transformasi rendah karbon di industri perkapalan, CPGC, anak perusahaan China State Shipbuilding Corporation, telah secara proaktif memikul tanggung jawab untuk mendorong pembangunan rendah karbon di industri perkapalan dengan visi ke depan.

"Kami telah bekerja sama dengan BASF untuk bersama-sama mengatasi emisi gas rumah kaca di industri pelayaran dan membangun masa depan yang lebih cerah untuk pelayaran rendah karbon. CPGC akan terus mendorong inovasi dan terobosan dalam teknologi pelayaran rendah karbon, menjadikan setiap kapal memiliki kekuatan yang kuat dalam melindungi planet biru kita,” ujarnya.

Sementara, Senior Vice President, Intermediates Asia Pacific, BASF, Dr. Michael Becker mengungkapkan rasa senangnya dapat memperdalam kerja sama pihaknya dengan CPGC, yang memiliki keahlian dalam penelitian dan pengembangan, manufaktur, dan pasokan sistem tenaga kelautan. "Dengan memanfaatkan keahlian pengolahan gas BASF, kami berdedikasi untuk mengatasi tantangan peningkatan efisiensi energi dan pengurangan emisi di sektor maritim untuk memenuhi permintaan dekarbonisasi maritim yang terus meningkat,” katanya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year