telkomsel halo

Kerjasama RRQ dan GODA kokohkan posisi di pasar Asia Tenggara dan global

07:37:09 | 12 Jun 2024
Kerjasama RRQ dan GODA kokohkan posisi di pasar Asia Tenggara dan global
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - RRQ dengan bangga mengumumkan kemitraan strategis dengan GODA, produsen sepeda listrik dan motor listrik yang lahir di Indonesia dengan dukungan investor dan top level management dari Tiongkok. Kemitraan ini menandai langkah maju dalam mengokohkan posisi kedua belah pihak di pasar Asia Tenggara dan global.

Industri esports kian bertumbuh dari tahun ke tahun. Menurut data dari Statista, pertumbuhan penonton esports meningkat 9% dari tahun ke tahun, sejak 2020, hingga mencapai 23,5% di tahun 2025. Sedangkan angka pendapatan di industri esports meningkat 21% dari 2021 ke 2022 dan meningkat sebesar 35% di tahun 2025 nanti.

Di sisi lain, penggunaan kendaraan listrik alias electric vehicle (EV), khususnya motor listrik, di Indonesia meningkat signifikan dalam dua tahun terakhir.

Beberapa waktu lalu, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) No 79 Tahun 2023 tentang Perubahan Perpres No.55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Menurut hasil riset Deloitte dan Foundry, jumlah penggunaan motor listrik di Indonesia tercatat naik 13 kali lipat selama 2020-2022.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin Hendro Martono juga sempat menyebutkan jika motor listrik sepanjang tahun 2023 meningkat sebanyak 62.409 unit dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 17.198 unit dan sebanyak 10.546 unit pada tahun 2021.

Menurut Badan Lingkungan Eropa (European Environment Agency/EEA), kendaraan listrik rata-rata mengurangi emisi CO2 sekitar 50% hingga 80% dibandingkan dengan kendaraan konvensional.

Dari kesamaan industri esports dan kendaraan listrik yang sama-sama sedang bertumbuh pesat, serta kepedulian kami berdua terkait ekosistem bumi ini, itulah sebabnya terjalinlah kerjasama antara GODA dan RRQ.

Brand GODA telah memulai peremajaan brand dan akan meluncurkan logo baru mereka di Bali pada bulan Juni ini. Dengan pasar Indonesia yang kondusif dan responsif terhadap tenaga terbarukan, GODA memutuskan untuk mendirikan pabrik dan kantor di Indonesia. Langkah ini adalah bagian dari komitmen mereka untuk menyediakan produk berkualitas tinggi yang dapat diakses oleh semua kalangan.

GODA memiliki visi untuk menjadi brand terdepan di Indonesia dan dunia. Rencana ekspansinya mencakup negara-negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Filipina, Thailand, dan Myanmar. Kami yakin bahwa dengan kerja sama ini, GODA akan dapat mencapai tujuan tersebut dengan lebih efektif.

Beberapa alasan terjadinya kemitraan ini antara lain :

1. RRQ punya Segudang Prestasi

RRQ punya banyak prestasi di banyak gim, di beberapa negara, seperti Indonesia, Filipina, Thailand, dan yang lainnya.

2. Perkembangan Esports di Tiongkok

Berkaca dari Tiongkok, esports di sana berkembang pesat dan berpengaruh besar bagi demografi di bawah 30 tahun.

3. Profesionalitas Kelas Atas

Di luar prestasi esports, RRQ juga terbukti mampu berkembang bersama dengan rekanan-rekanannya dan memiliki profesionalisme yang bisa diandalkan.

4. Identitas Visual

Kesamaan identitas visual dengan warna oranye memperkuat keselarasan brand.

5. Visi dan Misi yang Sama

Keduanya memiliki visi dan misi untuk menjadi nomor satu dan tidak ingin menjadi yang kedua.

6. Nilai Perusahaan yang Serupa

Menghargai pelanggan/fans, meningkatkan kesadaran produk, dan memberikan pelayanan yang luar biasa.

7. Harapan Bersama

Memiliki harapan untuk membuat semua orang merasa seperti raja dengan produk yang inklusif untuk semua kalangan.

Menurut CEO dan Founder RRQ, Andrian Pauline, pihaknya sangat antusias menyambut kerja sama dengan GODA. "Kami percaya bahwa kemitraan ini akan membawa dampak positif bagi kedua belah pihak. Dengan visi dan misi yang selaras, kami yakin bisa berkembang bersama-sama, demi masa depan Indonesia yang lebih baik,” katanya.

Sementara, CEO GODA, Tom Wang mengatakan, ia bangga bisa bekerja sama dengan organisasi esports terbesar di Asia Tenggara. "Kami berharap kolaborasi ini bisa menjadi inspirasi, tak hanya bagi para penggemar dan pemerhati esports, tapi juga para generasi muda dan orang tua. Menjaga ekosistem bumi ini adalah tugas kita bersama dan hal ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan produk-produk yang berkualitas dan terjangkau untuk semua kalangan,” jelasnya.

Untuk merayakan kerjasama kali ini, akan ada satu seri sepeda listrik dari GODA yang menggunakan desain visual yang didesain langsung oleh Team RRQ. Sepeda listrik hasil kolaborasi ini dipamerkan langsung di acara peluncuran kerjasama antara GODA dan RRQ. 1 unit sepeda listrik edisi khusus tadi juga akan, secara simbolis diberikan oleh 2 Pendiri & Para Direksi GODA ke CEO RRQ. Detail dari sepeda listrik khusus ini akan diumumkan di waktu mendatang. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year