telkomsel halo

TCID berikan UMKM startegi pemasaran digital

06:16:00 | 11 Jun 2024
TCID berikan UMKM startegi pemasaran digital
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Ekonomi digital Indonesia dipastikan akan terus berkembang terutama pasca pandemi Covid-19. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan nilai transaksi ekonomi digital Indonesia akan mencapai US$124 miliar atau sekitar Rp1.775 triliun pada tahun 2025.

Dengan proyeksi tersebut, Indonesia akan berada pada peringkat pertama di ASEAN sebagai negara dengan nilai transaksi ekonomi digital terbesar dengan kontribusi 40,1%. Nominal angkanya pun terus berkembang hingga kini telah mencapai sekitar 65 juta. Maka dari itu, UMKM memegang peranan penting dan membutuhkan perhatian khusus dalam perkembangannya untuk menyokong perekonomian Indonesia.

Sadar akan besarnya potensi ekonomi digital di masa depan, perusahaan layanan bisnis digital transcosmos Indonesia (TCID) secara proaktif mendukung pembekalan pebisnis UMKM dalam menerapkan strategi pemasaran digital melalui kerja sama dengan komunitas Revolusi Lokal dan platform manajemen toko online all-in-one Plugo Indonesia.

Menurut Content Creator dan Founder Revolusi Lokal Raymond Chin, UMKM adalah sektor yang menggerakkan ekonomi Indonesia pada pandemi lalu. "Kami percaya potensi tersebut masih dapat lebih dimaksimalkan, maka dari itu, kami berinisiatif membekali para UMKM dengan strategi pemasaran digital yang tepat, agar kontribusi mereka terhadap perekonomian nasional semakin besar. Jika UMKM berkembang pesat, ekonomi Indonesia akan kuat," katanya.

Para mentor yang dihadirkan dalam sesi 1 on 1 speed mentorship merupakan pakar digital marketing professional dari perusahaan layanan bisnis digital, transcosmos Indonesia (TCID), serta direktur Plugo Indonesia, Izki Aldrin Iswarna, yang memberikan pembekalan kepada para pengusaha UMKM di bidang fashion dan beauty mengenai digital marketing.

Sementara, UMKM yang dipilih merupakan hasil penyeleksian secara selektif oleh tim Revolusi lokal dengan berbagai kriteria yaitu; bisnis UMKM sudah berjalan selama 1 tahun, penghasilan UMKM stabil di angka minimal 30 juta per bulan dan memiliki toko online aktif dalam 6 bulan terakhir. Pada proses seleksi, setidaknya terdapat 140 UMKM yang mendaftar, sebelum akhirnya dikurasi menjadi 20 UMKM saja.

Di kesempatan yang sama, Vice President Director transcosmos Indonesia Ardi Sudarto mengungkapkan, rasa bangganya menjadi partner Revolusi Lokal dan Plugo dalam mengembangkan dan mengoptimalkan potensi para pengusaha UMKM. Di era digital ini, digital marketing merupakan salah satu faktor penting dalam membantu meningkatkan bisnis bagi para pengusaha di berbagai sektor terutama UMKM. "Melihat antusiasme dari para peserta, kami percaya para pelaku UMKM dapat terus meningkatkan omsetnya hingga menjadi perusahaan dengan skala yang lebih besar,” katanya.

Dalam sesi 1 on 1 speed mentorship, TCID menghadirkan 3 mentor yang kompeten di bidang pemasaran digital, antara lain Hamdoni selaku CX Operation Manager; Insan Kurnia sebagai Digital Ads Supervisor; serta Ekke Wulan yang merupakan seorang Digital Ads Team Leader.

Sedangkan, Direktur Plugo Indonesia Izki Aldrin Iswarna sebagai salah satu mentor memaparkan bahwa acara ini sangat menarik. Ia sebagai salah satu mentor juga sangat senang bisa berbagi dengan para brand owner yang berpartisipasi dalam acara ini. "Tentunya acara ini sangat sejalan dengan komitmen Plugo untuk dapat membantu UMKM di Indonesia agar dapat meningkatkan bisnisnya melalui program komunitas Seller Juara,” ujarnya.

Selanjutnya, UMKM terpilih diberikan waktu masing-masing sekitar 5 menit untuk bertukar pikiran dengan setiap mentor terkait strategi dan implementasi pemasaran digital.

Raymond berharap, dengan adanya program ini dapat menginspirasi pihak lainnya untuk saling bahu membahu mengembangkan UMKM di Indonesia. "Potensi UMKM sangat besar, namun tentunya juga harus diiringi dengan kolaborasi. Kolaborasi inilah yang akan memandu mereka untuk mencapai potensi maksimalnya masing-masing," tambahnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year