telkomsel halo

Puluhan pemodal Ventura pantau Startup Demo Day LLV

07:31:00 | 10 Jun 2024
Puluhan pemodal Ventura pantau Startup Demo Day LLV
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Sinar Mas Land melalui Living Lab Ventures (LLV) berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan ekosistem startup digital inovatif dengan menggelar “Startup Demo Day” batch ke-1. Program yang diselenggarakan LLV bekerja sama dengan Prasetia Dwidharma, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi infrastruktur telekomunikasi dan ICT solutions ini, menghadirkan rangkaian acara seperti, demo day, business match making, dan startup networking, bersama 21 startup dan lebih dari 50 Venture Capital (VC), pada akhir Mei lalu.

Partner of Living Lab Ventures, Bayu Seto mengungkapkan terima kasihnya atas animo yang luar biasa untuk acara Startup Demo Day batch pertama ini. Selama ini, LLV mengkurasi startupsatu per satu, sehingga pengalaman menyelenggarakan acara demo day seperti ini menjadi pengalaman yang sangat menarik untuk di dapat melihat kompetisi antar startup bahkan dalam jeda menit saja.

"Ke depannya, kami akan mengadakan demo day batchselanjutnya sehingga memberikan peluang yang lebih luas bagi para startup untuk mendapatkan pendanaan dari perusahaan modal ventura. Tentunya segala upaya ini juga kami lakukan guna mendukung pertumbuhan startup yang kian pesat di Indonesia,”katanya.

Sementara, CEO Prasetia Dwidharma, Arya Setiadharma menambahkan, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Sinar Mas Land selama bertahun-tahun, hingga hari ini kedua perusahaan menyambut startup dalam sebuah demo day. Melalui acara ini, ia membuka journey startup untuk membantu mereka dalam mengembangkan bisnisnya, mendapatkan pelanggan, perekrutan karyawan, fundraising, hingga berkesempatan untuk merger dan akuisisi, dan IPO. Untuk dapat mencapai keberhasilan tersebut, para startup founders perlu mengkomunikasikan pengalaman mereka dengan efektif.

"Itulah sebabnya kami hanya memberikan waktu 5 menit kepada startupuntuk melakukan pitching, berkomunikasi, dan menjual ide-ide mereka, dengan harapan menjadi yang terbaik. Setiap cerita sukses besar dimulai dengan satu pitch yang menarik,” jelasnya.

Program demo day bertujuan untuk menghubungkan startup binaan LLV terpilih dengan para pemodal ventura potensial agar dapat berkolaborasi dan menjalin kerja sama strategis. Dalam acara tersebut, para startupberkesempatan untuk memberikan presentasi tentang ide dan bisnisnya secara langsung di depan para investor selama 5 menit.

Investor pemodal ventura terkemuka yang hadir termasuk MDI Ventures, BRI Ventures, Telkomsel Ventures, BNI Ventures, Skystar Capital, Arkana Ventures, Altara Ventures, dan banyak perusahaan investasi lainnya. Sebelumnya, LLV sendiri telah memilihstartup terbaiknya yang berhak mengikuti kegiatan demo day kali ini, di antaranya adalah Lingkup, Onedo, Borong, Banget Group, Quipster, HRD Room, Call My Dokter, Akun.biz, Tebengan, Openit, Kruuu, Topilmu.id, Pin’J, Blitz, Dealdulu, Squadrones.ai, Doogether, PDAM GO, Social Bread, Yippy, dan Ngabsen.

Dalam enam tahun sejak berdirinya, LLV sebagaicorporate venture dari Sinar Mas Land telah menyaring ratusan startup dari Asia Tenggara, serta menginkubasi dan memberikan pendanaan puluhan startup pilihan. Dalam usahanya, LLV menganut sektor agnostik yang membuka peluang bagi bidang apapun guna mempercepat transformasi digital di masyarakat luas. LLV juga membina startup tahap awal di skala global sebagai go-to market partner, menyediakan wadah pengujian untuk proof of concept dan layanan soft-landing assistance.

LLV juga berencana untuk membuat acara demo day ini secara rutin yakni per kuartal. Dalam setiap batch, startup yang mendaftar akan dikurasi dengan menilai dari beragam aspek, mulai dari inovasi ide, potensi pasar, dan skalabilitas bisnisnya. Startup yang tersaring kemudian akan berkesempatan untuk presentasi dan berbincang langsung dengan investor dan representatif dari perusahaan kapital ventura. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year